HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERSEPSI TERHADAP BULLYING PADA PELAJAR TINGKAT SMA DI JAKARTA

PRATAMA, HARDIYAN (2019) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN PERSEPSI TERHADAP BULLYING PADA PELAJAR TINGKAT SMA DI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
08. DAFTAR TABEL.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)

Abstract

This study was conducted to determine the relationship between conformity withal perception of bullying in high school students in Jakarta. This study uses the social perception theory of Myers (2011) and the bullying sense of Rigby (2007) concluded that perception of bullying is the impression received by the individual senses that are organized and interpreted to give meaning, understanding and to form an individual impression about bullying behavior . Sears conformity theory (2006) suggests that a behavior displayed by individuals caused others also displayed it. This research uses non experimental quantitative design with spearman correlation and using technique of accidental sampling method with the criteria of samples is a high school student 15-19 years old. The result of this research shows that there is a significant positive r : 0,576** dan siginifikan (two-tailed) = 0.000 < 0,05, correlation between conformity and perception of bullying and there is unidirectional relationship of those correlation, the higher it is the higher also the perception of bullying otherwise the lowest it is the lowest also the perception of bullying. Key Words : Conformity, Perception of Bullying Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan persepsi terhadap bullying pada pelajar tingkat SMA di Jakarta. Penelitian ini menggunakan teori persepsi sosial Myers (2011) dan pengertian bullying dari Rigby (2007) yang disimpulkan bahwa persepsi terhadap bullying adalah kesan yang diterima oleh panca indera individu yang diorganisasikan dan diinterpretasikan guna memberikan makna, pemahaman dan terbentuknya suatu kesan terhadap individu mengenai perilaku bullying. Teori konformitas Sears (2006) mengemukakan bahwa suatu perilaku yang ditampilkan oleh individu dikarenaka orang lain juga menampilkan perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif non eksperimental dengan korelasi spearman dan menggunakan teknik sampling metode accidental sampling dengan kriteria sampel pelajar tingkat SMA usia 15-19 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan positif yang kuat secara signifikan r : 0,576** dan siginifikan (two-tailed) = 0.000 < 0,05 antara variabel konformitas dengan variabel persepsi terhadap bullying pada siswa/i SMA di Jakarta dan memiliki hubungan yang searah, dimana semakin tinggi konformitas siswa/i maka semakin tinggi juga persepsi terhadap bullying dan sebaliknya semakin rendah konformitas siswa/i maka persepsi terhadap bullying rendah. Kata kunci: Konformitas, persepsi terhadap bullying

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SP/61/18/084
NIM: 46113110052
Uncontrolled Keywords: Konformitas, persepsi terhadap bullying
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.2 Individual Psychology, Characters/Psikologi Individual, Karakter
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.4 Child Psychology/Psikologi Anak
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.5 Psychology of Young People Twelve to Twenty/Psikologi Remaja
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.5 Psychology of Young People Twelve to Twenty/Psikologi Remaja > 155.53 Young People Twelve to Twenty by Sex/Psikologi Remaja Menurut Jenis Kelamin Usia 12 sampai dengan 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:40
Last Modified: 18 Jan 2019 03:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/46732

Actions (login required)

View Item View Item