CAHYADI, FALEPI TRI (2018) ANALISA BERBASIS WEB UNTUK ANALISA KEBUTUHAN PRODUK KOSMETIK MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY MAMDANI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HALAMAN COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04.LEMBAR PENGESAHAN SIDANG.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
Text (BAB 2)
11.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
Text (BAB 3)
12.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text (BAB 4)
13.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (BAB 5)
14.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
Abstract
PT. OA is a cosmetics company and has a mission to realize desires that have not yet materialized for the customers. In this case the problems that arise contain uncertainty, namely planning decisions in determining the number of products in the next period, depending on the remaining inventory from one previous period and also the estimated number of requests in the next period. The amount of demand and inventory is an uncertainty. Fuzzy Logic is one of the sciences that can analyze uncertainty. The purpose of this study was to determine the use of Mamdani method Fuzzy logic applications in decision making in determining the amount of production. In this study the Mamdani method is used or commonly called the Min-Max method, both of which use two linguistic variables and those that use three linguistic variables. To get the output of this method, 4 stages are needed; 1) Formation of fuzzy sets; 2) Application function implications; 3) Composition of rules; 4) Defuzzification, from the results of this defuzzification we can determine the decision to be taken. Keywords: Fuzzy Logic, Mamdani Method, Determine the amount of production, decision results PT.OAA adalah perusahaan kosmetik dan mempunyai misi untuk mewujudkan keinginan yang belum terwujud bagi para customer. Dalam hal ini permasalahan yang timbul mengandung ketidak pastian, yaitu perencanaan pengambilan keputusan dalam menentukan jumlah produk pada satu periode selanjutnya, bergantung pada sisa persediaan dari satu periode sebelumnya dan juga perkiraan jumlah permintaan pada satu periode selanjutnya. Jumlah permintaan dan persediaan merupakan suatu ketidakpastian. Logika Fuzzy merupakan salah satu ilmu yang dapat menganalisa ketidakpastian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan aplikasi logika Fuzzy metode Mamdani dalam pengambilan keputusan penentuan jumlah produksi. Pada penelitian ini digunakan metode Mamdani atau yang biasa disebut metode Min- Max, baik yang menggunakan dua variabel linguistik maupun yang menggunakan tiga variabel linguistik.Untuk mendapatkan keluaran dari metode ini diperlukan 4 tahapan yakni; 1) Pembentukan himpunan fuzzy; 2) Aplikasi fungsi implikasi; 3) Komposisi aturan ; 4) Defuzzifikasi, dari hasil defuzzifikasi inilah kita bisa menentukan keputusan yang akan diambil. Kata kunci: Logika Fuzzy, Metode Mamdani, Menentukan jumlah produksi, Hasil keputusan
Actions (login required)
View Item |