GAMBARAN UPAYA DAN DUKUNGAN SOSIAL GURU SERTA ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA AUTIS PADA SLB X JAKARTA BARAT.

YANI, ALITA RANDI (2018) GAMBARAN UPAYA DAN DUKUNGAN SOSIAL GURU SERTA ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN SISWA AUTIS PADA SLB X JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3 pernyataan.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. pengesahan.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. kata pengantar.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. daftar isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
9. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (BAB III)
10. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB IV)
11. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB V)
12 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Autism is a developmental disorder that generally appears in the first three years of a child's life. These symptoms appear when the baby rejects the touch of his parents, does not respond to parental presence, and does other habits. according to Agustyawati and Solicha (2009) in addition to teachers and parents to improve the ability of children with Autism, it should be a comprehensive treatment between parents, psychologists (counselors), psychiatrists, teachers and therapists. Other research also shows that from the results of the research of Oktavia, Syamsuddin, and Atmojo (2014) who examined the effectiveness of the ABA Applied Behavior Analysis and TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children) methods that have often been applied to autistic children. Then it was also strengthened by the results of studies from Eikeset, Smith, Jahr, and Eldevik, (2007) which explained that positive results had been reported in daily life, academic and social skills using behavioral modification. can be built through behavioral therapy. (Ortega, 2010). The subject of this study consisted of two parents and two teachers. The results of this study show that children with autism can be independent with the collaboration between teachers and parents. As well as social support from teachers and parents Key Words: Autistic Child, Social Support, Independence. Autisme adalah gangguan perkembangan yang secara umum tampak di tiga tahun pertama kehidupan anak. Gejala-gejala tersebut tampak ketika bayi menolak sentuhan orangtuanya, tidak merespon kehadiran orangtua, dan melakukan kebiasaan-kebiasaan lainnya. menurut Agustyawati dan Solicha (2009) selain guru dan orang tua untuk meningkatkan kemampuan anak dengan Autisme, sebaiknya penanganan harus secara komprehensif antara orangtua, psikolog (konselor), psikiatri, guru dan terapis. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa dari hasil penelitian Oktavia, Syamsuddin, dan Atmojo (2014) yang meneliti efetivitas metode ABA Applied Behavior Analysis dan TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Related Comunication Handicapped Children) yang sudah sering diterapkan pada anak-anak autis. Kemudian juga diperkuat dengan hasil studi dari Eikeset, Smith, Jahr, dan Eldevik, (2007) yang menjelaskan bahwa hasil positif telah dilaporkan dalam keterampilan hidup sehari-hari, akademik dan kemampuan sosial dengan menggunakan modifikasi perilaku. dapat dibangun melalui terapi perilaku. (Ortega, 2010). Menurut Taylor (2012) mengatakan bahwa dukungan sosial adalah, informasi dari orang yang dicintai dan dipedulikan, dihormati dan dihargai, serta bagian dari hubungan dan kewajiban bersama.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemandirian anak dengan autis, tanpa adanya terapi.Menggunakan metode kualitatif dengan metode wawancara secara mendalam dan observasi. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orangtua dan dua guru. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa anak dengan autis bisa mandiri dengan adanya kerjasama antar guru dan orang tua. Serta dukungan sosial dari guru maupun orang tua. Kata kunci : Anak Autis, Dukungan Sosial, Kemandirian

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 18 111
NIM: 46113110086
Uncontrolled Keywords: Anak Autis, Dukungan Sosial, Kemandirian
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.6 Communication Psychology/Psikologi Komunikasi
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.9 Psychology of Literatures/Psikologi Kesusastraan, Psikologi Sastra > 801.92 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:13
Last Modified: 06 Nov 2018 02:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45105

Actions (login required)

View Item View Item