MAULANA, ARDIANSYAH (2018) APLIKASI PEMENUHAN PESANAN PEMBUATAN SPARE PART STUDI KASUS PADA PT MUSTANINDO PRIMA LESTARI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
jurnal 41813120030 Ardiansyah Maulana.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Abstract -- Each company has an order fulfillment process to ensure goods are delivered to customers well. The process generally includes receipt of purchase orders from customers, from producing the goods until the delivery of finished goods. A good order fulfillment process can increase product demand from customers. At PT Mustanindo Prima Lestari, the fulfillment process has not been going well, where the inter-parts involved in the production process have not been well coordinated. As a result of this, the resulting information becomes inaccurate, hindering the order fulfillment process to the customer. To overcome these problems, the authors want to build an order fulfillment application that can coordinate the interdepartment within the company so that the information provided to be accurate related to customer orders. This application will be built using the Rapid Application Development (RAD) method that combines the design with simultaneous development. With this application, the progress of each incoming command can be well controlled and the interconnection involved can be integrated. This allows order fulfillment process that occurs on PT Mustanindo Prima Lestari to run well and communications that occur inter-parts become effective. Keywords: Order fulfillment, Rapid Aplication Development (RAD), Application. Abstrak -- Setiap perusahaan mempunyai proses pemenuhan pesanan untuk memastikan barang yang diproduksi sampai kepada pelanggan dengan baik. Proses tersebut pada umumnya meliputi penerimaan purchase order dari pelanggan, memproduksi barang sampai dengan pengiriman barang jadi. Proses pemenuhan pesanan yang baik dapat meningkatkan permintaan produk dari pelanggan. Pada PT Mustanindo Prima Lestari proses pemenuhan yang terjadi belum berjalan dengan baik, dimana antarbagian yang terlibat proses produksi belum berkordinasi dengan baik. Akibat dari hal tersebut, informasi yang dihasilkan menjadi tidak akurat sehingga menghambat proses pemenuhan pesanan kepada pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis ingin membangun aplikasi pemenuhan pesanan yang dapat mengkordinasikan antarbagian dalam perusahaan tersebut agar informasi yang diberikan menjadi akurat terkait pesanan pelanggan. Aplikasi ini akan dibangun menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang menggabungkan antara design dengan pengembangan secara bersamaan. Dengan adanya aplikasi ini, progres setiap pesanan yang masuk dapat terkontrol dengan baik serta antarbagian yang terlibat dapat saling terintegrasi. Hal ini bertujuan agar proses pemenuhan pesanan yang terjadi pada PT Mustanindo Prima Lestari dapat berjalan dengan baik dan komunikasi yang terjadi antarbagian menjadi efektif. Kata Kunci: Pemenuhan pesanan, Rapid Aplication Development (RAD), Aplikasi
Actions (login required)
View Item |