ANALISA KINERJA DAN PELAYANAN BUS DAMRI BANDARA (RUTE STASIUN GAMBIR-BANDARA SOEKARNO HATTA)

MUKLAS, MODETUS (2018) ANALISA KINERJA DAN PELAYANAN BUS DAMRI BANDARA (RUTE STASIUN GAMBIR-BANDARA SOEKARNO HATTA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab IV Analisis Data.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

DAMRI airport bus is a special means of airport transportation that connects the airport to the city center (Gambir Station) or reverse direction. Perum DAMRI as the main manager who has policies to set performance standards and services in accordance with the service performance standards of the Directorate General of Land Transportation. Therefore, it needs attention and service to what is expected by bus service user of DAMRI airport. To analyze performance and bus service of DAMRI airport of Gambir route - Soekarno Hatta Airport, there are several methods that are done that is survey in field and also by distribute questionnaire to passengers to get primary data, while secondary data is obtained from several sources in the research. From the analysis results obtained that the operational performance of the DAMRI Airport bus route Gambir-Soekarno Hatta Airport has been good, based on to the standards of the Directorate General of Land Transportation. While for service performance according to respondents, Very good of 10.93%; Good of 52.36%; Good Enough of 32.21%; Deficient of 4.29% and Bad of 0.21%, with rounds for 5 dimensions of service. The solution to improve the performance of DAMRI buses is to rearrange departure schedules or by increasing the number of bus fleets. While for the service performance is to install more important and clear information and add the properties and safety tools in the bus. Keywords: Performance and Services, Perum DAMRI Bus DAMRI bandara merupakan sarana angkutan khusus bandara yang menghubungkan antara bandara menuju ke pusat kota (Stasiun Gambir), dan juga sebaliknya. Perum DAMRI sebagai pengelola utama yang memiliki kebijakan-kebijakan untuk menentukan standar kinerja dan pelayanan yang baik sesuai dengan standar kinerja pelayanan Ditjen Perhubungan Darat. Oleh karena itu perlu diperhatikan mengenai kinerja dan pelayanan agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna jasa bus DAMRI bandara itu sendiri. Untuk melakukan analisa kinerja dan pelayanan bus DAMRI bandara rute stasiun Gambir- Bandara Soekarno Hatta, ada beberapa metode yang dilakukan yaitu dengan survey dilapangan serta dengan membagikan kuisioner kepada para penumpang untuk mendapatkan data primer, sedangkan data sekunder didapatkan dari beberapa referensi yang digunakan dalam penelitian. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kinerja operasional bus DAMRI Bandara rute stasiun Gambir-Bandara Soekarno Hatta sudah baik, dengan mengacu kepada standar Ditjen Perhubungan Darat. Sedangkan untuk kinerja pelayanan menurut responden, Sangat baik (SB) sebesar 10,93% ; Baik (B) sebesar 52,36% ; Cukup Baik (CB) sebesar 32,21% ; Kurang Baik (KB) sebesar 4,29% dan Tidak Baik (TB) sebesar 0,21%, dengan mengacu kepada 5 dimensi pelayanan. Solusi untuk meningkatkan kinerja operasional bus DAMRI adalah dengan mengatur ulang jadwal keberangkatan atau dengan menambahkan jumlah armada bus. Sedangkan untuk kinerja pelayanan adalah dengan memasang papan informasi yang lebih penting dan jelas dan menambahkan properti dan alat keselamatan didalam bus. Kata Kunci: Kinerja dan Pelayanan, Perum DAMRI

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 18 018
NIM: 41114010088
Uncontrolled Keywords: Kinerja dan Pelayanan, Perum DAMRI
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 368 Insurance/Asuransi > 368.2 Transportation Insurance/Asuransi Transportasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 385 Railroad Transportation/Transportasi Kereta Api > 385.7 Air Transportation, Airlines/Transportasi Udara
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 05 Sep 2018 02:28
Last Modified: 28 Sep 2018 03:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/44403

Actions (login required)

View Item View Item