WARINTO, WARINTO (2018) EVALUASI PENCAHAYAAN ALAMI DAN BUATAN TERHADAP KENYAMANAN VISUAL PADA RUANG KELAS SDN RAWA BUAYA 07 & 08 PAGI, JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
Abstract
ABSTRAK Di dalam aktifitas sehari-hari baik di dalam ruangan ataupun luar ruangan memerlukan cahaya untuk melihat objek secara visual. Cahaya yang dipantulkan oleh objek-objek tersebutlah maka kita dapat melihatnya secara jelas dan mata nyaman untuk melihat. Ruang kelas yang baik adalah ruang kelas yang nyaman untuk melakukan kegiatan belajar mengajar agar hasil yang diperoleh dari kegiatan belajar mengajar tersebut bias optimal. Kenyamanan visual dapat dicapai apabila hal-hal yang mempengaruhinya dapat disesuaikan penerapannya secara optimal, antara lain kesesuaian rancangan dengan standar terang yang direkomendasikan dan penataan layout ruangan yang sesuai dengan distribusi pencahayaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti orientasi dan jumlah bukaan. Pencahayaan itu ada yang pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Metode pengumpulan data dengan metode kualitatif dan kuantitatif dan pengolahan datanya menggunakan metode komparatif, metode tersebut digunakan untuk menganalisa pencahayaan untuk kenyamanan visual pada sebuah ruang kelas SDN Rawa Buaya 07&08 Pagi, Jakata Barat. Metode kualitatif yaitu dengan kuisioner pengguna ruang kelas apakah ruang kelas sudah nyaman atau belum dan metode kuantitatif dengan melakukan pengukuran langsung dengan luxmeter apakah ruang kelas tersebut sudah memenuhi standar atau belum sehingga selanjutnya dapat disimpulkan dan diberikan rekomendasi untuk pencapaian kenyamanan visual yang lebih baik. Kata Kunci : Pencahayaan, Ruang Kelas, Orientasi Bukaan, Kenyamanan Visual
Actions (login required)
View Item |