EVALUASI PENCAHAYAAN ALAMI DAN BUATAN TERHADAP KENYAMANAN VISUAL PADA RUANG KELAS SDN RAWA BUAYA 07 & 08 PAGI, JAKARTA BARAT

WARINTO, WARINTO (2018) EVALUASI PENCAHAYAAN ALAMI DAN BUATAN TERHADAP KENYAMANAN VISUAL PADA RUANG KELAS SDN RAWA BUAYA 07 & 08 PAGI, JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Di dalam aktifitas sehari-hari baik di dalam ruangan ataupun luar ruangan memerlukan cahaya untuk melihat objek secara visual. Cahaya yang dipantulkan oleh objek-objek tersebutlah maka kita dapat melihatnya secara jelas dan mata nyaman untuk melihat. Ruang kelas yang baik adalah ruang kelas yang nyaman untuk melakukan kegiatan belajar mengajar agar hasil yang diperoleh dari kegiatan belajar mengajar tersebut bias optimal. Kenyamanan visual dapat dicapai apabila hal-hal yang mempengaruhinya dapat disesuaikan penerapannya secara optimal, antara lain kesesuaian rancangan dengan standar terang yang direkomendasikan dan penataan layout ruangan yang sesuai dengan distribusi pencahayaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti orientasi dan jumlah bukaan. Pencahayaan itu ada yang pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Metode pengumpulan data dengan metode kualitatif dan kuantitatif dan pengolahan datanya menggunakan metode komparatif, metode tersebut digunakan untuk menganalisa pencahayaan untuk kenyamanan visual pada sebuah ruang kelas SDN Rawa Buaya 07&08 Pagi, Jakata Barat. Metode kualitatif yaitu dengan kuisioner pengguna ruang kelas apakah ruang kelas sudah nyaman atau belum dan metode kuantitatif dengan melakukan pengukuran langsung dengan luxmeter apakah ruang kelas tersebut sudah memenuhi standar atau belum sehingga selanjutnya dapat disimpulkan dan diberikan rekomendasi untuk pencapaian kenyamanan visual yang lebih baik. Kata Kunci : Pencahayaan, Ruang Kelas, Orientasi Bukaan, Kenyamanan Visual

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: LP/ARS. 17 021
NIM/NIDN Creators: 41213110062
Additional Information: TIDAK ADA DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN DI DALAM CD NYA
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan, Ruang Kelas, Orientasi Bukaan, Kenyamanan Visual
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 535 Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena/Cahaya Optik, Infra Merah dan Fenomena Ultraviolet
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 535 Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena/Cahaya Optik, Infra Merah dan Fenomena Ultraviolet > 535.1 Theories of Light/Teori tentang Cahaya
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 535 Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena/Cahaya Optik, Infra Merah dan Fenomena Ultraviolet > 535.3 Transmission, Absorption, Emission of Light/Transmisi Cahaya, Penyerapan dan Emisi Cahaya
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 535 Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena/Cahaya Optik, Infra Merah dan Fenomena Ultraviolet > 535.4 Dispersion of Light/Penyebaran Cahaya
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 535 Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena/Cahaya Optik, Infra Merah dan Fenomena Ultraviolet > 535.8 Special Development of Light/Perkembangan Khusus Cahaya
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 16 Jul 2018 01:33
Last Modified: 31 Jul 2024 01:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/43682

Actions (login required)

View Item View Item