IMPLEMENTASI RABBITMQ UNTUK OPTIMASI TRANSAKSI BERBASIS METODE ANTRIAN

INDRASMORO, AGUSTINUS ARYO (2018) IMPLEMENTASI RABBITMQ UNTUK OPTIMASI TRANSAKSI BERBASIS METODE ANTRIAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Lembar Pernyataan.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB VI)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

Untuk mengoptimasi proses transaksi dalam jumlah besar, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan queue. Proses queue dapat dilakukan di internal maupun eksternal sistem. RabbitMQ merupakan perangkat lunak yang menjalankan queue untuk pengiriman pesan dengan standar Advanced Message Queuing Protocol (AMQP). Metode antriannya adalah First Come First Served (FCFS). Algoritma Round Robin diimplementasikan ke dalam antrian untuk menangani response dari Biller yang tidak dapat dipastikan berapa lama proses selesai dilakukan. Waktu menunggu response dibatasi dengan time quantum sehingga semua transaksi yang ada di dalam queue dapat terproses semuanya tanpa harus menunggu transaksi sebelumnya selesai atau mendapatkan response. Dengan demikian, proses transaksi dapat dioptimalkan. Kata Kunci: RabbitMQ, Queue, Round Robin

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INF. 19 072
NIM: 41513110188
Uncontrolled Keywords: RabbitMQ, Queue, Round Robin
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 May 2018 01:27
Last Modified: 16 Oct 2019 03:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42862

Actions (login required)

View Item View Item