WIJANARKO, BAYU (2018) ANALISA QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN VSAT PADA CABANG BANK BNI DENGAN MODEM IDIRECT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
hal cover.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text (BAB VI)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
Abstract
Indonesia adalah negara dengan kondisi geografis berbentuk kepulauan. Salah satu teknologi yang dapat membantu untuk berkomunikasi yaitu dengan sistem komunikasi satelit. Satelit menjadi alternatif teknologi yang dapat diterapkan pada setiap daerah. Salah satu teknologi yang menggunakan sistem komunikasi satelit adalah Kantor Cabang Perbankan. Cabang yang diamati pada penelitian ini adalah Cabang Milik Bank BNI, di mana seluruh Cabang yang diamati menggunakan antena Verry Small Apperture Terminal (VSAT) sebagai sistem komunikasi antara Cabang dengan Server pusat bank. Masalah yang sering ditemukan diantaranya adalah kegagalan transaksi jaringan sistem komunikasi dari Cabang menuju server pusat terputus, oleh karena itu untuk menjaga kualitas jaringan vsat diterapkan standarisasi untuk Signal to Noise Ratio (SNR) pada Transmit dan Receive saat instalasi antena. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode observasi yang dilakukan dengan mengamati Quality Of Service. Beberapa parameter yang digunakan untuk mengetahui kualitas dari jaringan VSAT IP diantaranya adalah date rate, delay dan service level. Kualitas sistem komunikasi VSAT PT XYZ mencapai 99.80%. Nilai tersebut merupakan hasil perhitungan dari service levelnya, dan hasil pada service levelnya sudah melebihi dari standar yang telah ditetapkan oleh PT Bank Negara Indonesia yaitu sebesar 99.60%. Kata Kunci : VSAT, Satelit, Cabang, SNR, Delay, Date rate, Service Level
Actions (login required)
View Item |