ANALISA QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN VSAT PADA CABANG BANK BNI DENGAN MODEM IDIRECT

WIJANARKO, BAYU (2018) ANALISA QUALITY OF SERVICE (QOS) JARINGAN VSAT PADA CABANG BANK BNI DENGAN MODEM IDIRECT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
hal cover.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Indonesia adalah negara dengan kondisi geografis berbentuk kepulauan. Salah satu teknologi yang dapat membantu untuk berkomunikasi yaitu dengan sistem komunikasi satelit. Satelit menjadi alternatif teknologi yang dapat diterapkan pada setiap daerah. Salah satu teknologi yang menggunakan sistem komunikasi satelit adalah Kantor Cabang Perbankan. Cabang yang diamati pada penelitian ini adalah Cabang Milik Bank BNI, di mana seluruh Cabang yang diamati menggunakan antena Verry Small Apperture Terminal (VSAT) sebagai sistem komunikasi antara Cabang dengan Server pusat bank. Masalah yang sering ditemukan diantaranya adalah kegagalan transaksi jaringan sistem komunikasi dari Cabang menuju server pusat terputus, oleh karena itu untuk menjaga kualitas jaringan vsat diterapkan standarisasi untuk Signal to Noise Ratio (SNR) pada Transmit dan Receive saat instalasi antena. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode observasi yang dilakukan dengan mengamati Quality Of Service. Beberapa parameter yang digunakan untuk mengetahui kualitas dari jaringan VSAT IP diantaranya adalah date rate, delay dan service level. Kualitas sistem komunikasi VSAT PT XYZ mencapai 99.80%. Nilai tersebut merupakan hasil perhitungan dari service levelnya, dan hasil pada service levelnya sudah melebihi dari standar yang telah ditetapkan oleh PT Bank Negara Indonesia yaitu sebesar 99.60%. Kata Kunci : VSAT, Satelit, Cabang, SNR, Delay, Date rate, Service Level

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 18 034
NIM/NIDN Creators: 41513010095
Uncontrolled Keywords: VSAT, Satelit, Cabang, SNR, Delay, Date rate, Service Level
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.1 Programming/Pemrograman
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.1 Programming/Pemrograman > 005.12 Software System Analysis and Design/Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 515 Analysis, Theory of Functions/Analisis, Teori Fungsi > 515.7 Functional Analysis/Analisa Fungsional
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:11
Last Modified: 10 Jan 2022 09:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/42369

Actions (login required)

View Item View Item