RAHARJO, SRI (2018) ANALISA DAN PERANCANGAN DATA MINING UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA BISNIS DIVISI SELF EMPLOYEE MASS MARKET PT BANK UTAMA TBK (Nama Disamarkan). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
JURNAL_41815120144.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) |
Abstract
SEMM (Self Employee Mass Market) merupakan salah satu divisi yang ada di Bank UTAMA, Tbk yang bergerak di bidang dana simpan pinjam. Ketersediaan sumber data tunggal untuk kebutuhan pelaporan di divisi SEEM masih diambil langsung dari sistem yang ada ( core dan SEMM Aplikasi ) secara manual oleh masing – masing departemen / user sehingga menyebabkan adanya redundansi / duplikasi data.Maka diterapkan metode data mining. Data mining adalah ekstraksi informasi atau pola yang penting atau menarik dari data yang berada pada basis data yang besar yang selama ini tidak diketahui, tetapi mempunyai potensi informasi yang bermanfaat. Data yang terdapat pada database hasil data mining akan menjadi sumber data yang akan memenuhi kebutuhan pembuatan laporan dari seluruh departemen / divisi. Ektraksi dan pemuatan data di lakukan oleh proses sistem sesuai dengan jadwal yang di tentukan sehingga tidak akan terjadi duplikasi data. Metode perancangan sistem informasi ini menggunakan Object Oriented Analysis Design (OOAD) melalui pendekatan Unified Modelling Language (UML). Hasil penelitian ini adalah suatu aplikasi data mining yang membantu pihak manajemen perusahaan untuk meningkatkan performa bisnis divisi SEMM (Self Employee Mass Market) pada Bank UTAMA Tbk.. Kata kunci : Sistem informasi, Reporting
Actions (login required)
View Item |