APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID

SUPUTRA, ARI GIGIH (2017) APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Saat ini untuk mempelajari hewan purbakala melalui pelajaran sejarah di sekolah hanya dilakukan hanya melalui sebuah buku dan gambar yang terdapat pada buku-buku dan alat peraga biasa, tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat membuat pelajaran sejarah terutama mengenai hewan purbakala dapat lebih menarik dan menyenangkan karena augmented reality dapat menjadi sebuah alat peraga virtualisasi hewan purbakala dalam bentuk 3D. Aplikasi Augmented Reality ini sebagai media pengenalan hewan purbakala kepada anak-anak secara virtual menggunakan perangkat smartphone agar proses pengenalan Hewan purbakala dapat menjadi lebih menarik dan mudah di aplikasikan karena mudah dibawa serta tidak menggunakan alat peraga yang sulit didapat dan memiliki harga yang mahal. Pengenalan Hewan Purbakala menggunakan augmented reality dapat menampilkan Animasi Hewan purbakala dalam bentuk 3D. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan binatang purbakala secara 3D pada layar smartphone. Penulis membuat aplikasi ini menggunakan metode Luther dengan enam tahap yaitu menamai, konsep desain, pengumpulan data, pembuatan, percobaan dan distribusi. Aplikasi ini dibuat menggunakan software 3DS Max dan Vuforia Augmented Reality SDK yang diinstal di system operasi android.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 18 084
NIM: 41812010149
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Hewan Purbakala, Media Pengenalan, MDLC, Android.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 590 Animals, Zoology, Wildlifes/Hewan-hewan, Binatang-Binatang, Zoologi, Alam Liar > 591 Specific Topics in Natural History Of Animals/Topik Khusus dalam Sejarah Binatang > 591.3 Genetics and Evolution of Animals/Genetika Evolusi Hewan, Genetika Evolusi Binatang
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 12 Apr 2018 04:11
Last Modified: 01 Oct 2018 03:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41783

Actions (login required)

View Item View Item