SUPUTRA, ARI GIGIH (2017) APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN PURBAKALA BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (HAL COVER)
Cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
DAFTAR TABEL.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
Abstract
Saat ini untuk mempelajari hewan purbakala melalui pelajaran sejarah di sekolah hanya dilakukan hanya melalui sebuah buku dan gambar yang terdapat pada buku-buku dan alat peraga biasa, tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat membuat pelajaran sejarah terutama mengenai hewan purbakala dapat lebih menarik dan menyenangkan karena augmented reality dapat menjadi sebuah alat peraga virtualisasi hewan purbakala dalam bentuk 3D. Aplikasi Augmented Reality ini sebagai media pengenalan hewan purbakala kepada anak-anak secara virtual menggunakan perangkat smartphone agar proses pengenalan Hewan purbakala dapat menjadi lebih menarik dan mudah di aplikasikan karena mudah dibawa serta tidak menggunakan alat peraga yang sulit didapat dan memiliki harga yang mahal. Pengenalan Hewan Purbakala menggunakan augmented reality dapat menampilkan Animasi Hewan purbakala dalam bentuk 3D. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan binatang purbakala secara 3D pada layar smartphone. Penulis membuat aplikasi ini menggunakan metode Luther dengan enam tahap yaitu menamai, konsep desain, pengumpulan data, pembuatan, percobaan dan distribusi. Aplikasi ini dibuat menggunakan software 3DS Max dan Vuforia Augmented Reality SDK yang diinstal di system operasi android.
Actions (login required)
View Item |