DESAIN ALTERNATIF PEMBANGUNAN LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) PADA RUAS CAWANG - BEKASI TIMUR DITINJAU DARI SEGI GEOMETRIK DAN EKONOMI

SAPUTRI, AFIONITA IMAM (2017) DESAIN ALTERNATIF PEMBANGUNAN LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) PADA RUAS CAWANG - BEKASI TIMUR DITINJAU DARI SEGI GEOMETRIK DAN EKONOMI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan suatu daerah maka menuntut perkembangan sarana dan prasarana transportasi demi kelancaran arus barang dan jasa. Bertambahnya jumlah kendaraan, baik angkutan umum maupun angkutan pribadi yang menggunakan ruas jalan dan menimbulkan berbagai masalah transportasi. Sarana transportasi merupakan salah satu sarana perhubungan yang sangat penting dalam segala hal aktivitas manusia. Semakin berkembang sarana transportasi semakin mudah terjalin hubungan antar manusia, Jakarta sebagai ibu kota negara melayani 25,4 juta perjalanan, pergerakan orang ini tidak hanya di bangkitkan di Provinsi Jakarta namun juga dari daerah sekitarnya yaitu 31% dari Cibubur dan 33% dari Bekasi dan setiap minggunya 35.000 unit motor dan mobil memadati kota Jakarta dan menempatkan kota Jakarta di urutan ke 7 sebagai kota termacet di dunia, (sumber : PT. Adhi Karya (Persero) Tbk Departemen LRT)maka dari itu Jakarta membutuhkan transportasi alternatif yang tidak memenuhi ruas jalan. Kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) menjadi solusi yang tepat untuk kepadatan ibu kota. Lintas pelayanan LRT dapat mendukung aktifitas penduduk dan meminimalisir volume lalu lintas ibu kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trase dan geometrik jalan kereta api yang baik dan efisien dibandingkan dengan desain yang sudah ada serta mengevaluasi kelayakan ekonomi dengan menggunakan parameter finansial dasar yang umum dipakai dalam menentukan layak atau tidaknya suatu proyek untuk dijalankan atau tingkat profitabilitas suatu proyek yaitu dengan menggunakan parameter Benefit Cost Ratio (BCR) dan Net Present Value (NPV) Kata Kunci :Desain Geometri Jalan Rel, Kereta LRT, Jalur Cawang – Bekasi Timur, Evaluasi kelayakan ekonomi, BCR, NPV

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 18 078
NIM/NIDN Creators: 41113110044
Uncontrolled Keywords: Desain Geometri Jalan Rel, Kereta LRT, Jalur Cawang – Bekasi Timur, Evaluasi kelayakan ekonomi, BCR, NPV
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.4 City Planning/Tata Kota > 711.41 Plans based on Street Patterns/Rencana berdasarkan Pola Jalan Tata Kota
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Apr 2018 05:49
Last Modified: 25 Dec 2021 08:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41649

Actions (login required)

View Item View Item