PURNAYUDHA, GALANG (2018) IDENTIFIKASI NILAI KEKUATAN ASPAL DENGAN MODIFIKASI CAMPURAN ADDITIVE KARET BAN DAN SERAT SERABUT KELAPA PADA CAMPURAN AC-WC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahaan.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Dafar Gambar.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Jalan sebagai prasarana transportasi sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan nasional, baik di bidang ekonomi, sosial budaya, politik, dan pertahanan. Perkerasan jalan yang berkualitas diperlukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para penggunanya, sehingga kegiatan distribusi barang dan jasa yang menggerakkan roda pembangunan nasional dapat berlangsung dengan lancar. Saat ini sebagai bahan pengikat didalam perkerasan jalan digunakan aspal penetrasi AC 60/70. Dari hasil pengamatan selama ini dilapangan penggunaan AC 60/70 pada perkerasan dalam jangka panjang mengalami pengerasan maka perlu penambahan additive. Salah satu untuk meningkatkan kinerja campuran aspal adalah memodifikasi campuran aspal, sehingga didapatkan perubahan sifat campuran aspal dengan menambahkan karet ban dan serat serabut kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik campuan AC - WC pada kadar aspal optimum dengan penambahan variasi karet alam dan serat serabut kelapa 0%, 2%, 5%, 7%, 10% terhadap total perekat. Tahapan pelaksanaan penelitian meliputi persiapan alat dan material, seperti agregat, aspal pen 60/70 ,karet ban dan serat serabut kelapa. Langkah berikutnya melakukan pengujian dan proporsi agregat untuk memperoleh agregat yang memenuhi spesifikasi, untuk aspal campuran karet ban dan serat serabut kelapa dilakukan pengujian berat jenis, penetrasi, daktilitas, titik nyala dan titik bakar. Selanjutnya berdasarkan proporsi agregat dan aspal campuran dicari nilai presentase kadar aspal dalam campuran dan dibuat rancangan benda uji. Setelah benda uji terbentuk kemudian melanjutkan pengujian Marshall. Dengan hasil analisa didapatkan: nilai stabilitas 2%=92,23; 5%=84,52; 7%=78,99; 10%=76,35. Kadar tersebut secara keseluruhan memenuhi persyaratan uji daya tahan ikatan terhadap agregat. Dari pengujian Marshall didapatkan data Kadar Aspal Optimum (KAO) dari campuran AC-WC dengan tambahan karet ban dan serat serabut kelapa didapat pada campuran aspal dengan kadar 3,5%. Kata kunci: Karet Ban dan Serat Serbut Kelapa, AC - WC, karakteristik AC — WC dengan Karet Ban dan Serat Serbut Kelapa.
Actions (login required)
View Item |