HIPERREALITAS DALAM IKLAN POLITIK DI INDONESIA ( KAJIAN SEMIOTIKA JEAN BAUDRILLARD TERHADAP IKLAN POLITIK ABURIZAL BAKRIE)

Mandome, Apriles (2014) HIPERREALITAS DALAM IKLAN POLITIK DI INDONESIA ( KAJIAN SEMIOTIKA JEAN BAUDRILLARD TERHADAP IKLAN POLITIK ABURIZAL BAKRIE). S2 thesis, universitas mercu buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
1. Cover.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2. Abstraksi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka Dan Biodata Peneliti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Tesis ini membahas kandungan hiperrealitas dalam iklan politik di Indonesia. Dimana fenomena iklan politik yang masif dengan isi yang sarat pencitraan seakan menjadi sebuah hal yang biasa dan lumrah bahkan justru diperlukan bagi partai atau kandidat tertentu dalam sebuah pertarungan politik. Lewat paradigam kritis dengan memakai desain kualitatif melalui kajian semiotika Jean Baudrillard, maka penelitian ini mencoba mengungkap kandungan hiperrealitas dalam iklan politik yang terwakili dalam iklan politik Aburizal Bakrie. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kehadiran iklan politik tidak dapat dilepaskan dari fenomena sosial postmodern yaitu adanya konsumsi tanda dalam masyarakat. Dimana tanda yang dikonsumsi itu bahkan tidak lagi mewakili realitas yang ada. Iklan politik Aburizal Bakrie yang hadir dalam perhelatan demokrasi di Indonesia juga mengusung banyak tanda serta sarat dengan proses simulasi yang dalam penelitian ini dapat dibuktikan bahwa tanda-tanda itu tidak lagi mewakili realitas yang ada dalam masyarakat dan melalui proses simulasi tanda yang ada dalam iklan ini justru menghadirkan sebuah hiperrealitas. Penelitian ini juga menyarankan perlunya sikap kritis masyarakat dalam menyikapi kehadiran iklan politik agar dapat mengetahui mana yang benar-benar sesuai realitas dan mana yang bersifat hiperrealitas.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number: 52/MIB/2014/022
NIM: 55211110076
Uncontrolled Keywords: Iklan politik, citra atau image politik, realitas, hiperrealitas, Political advertising, image or image politics, reality, hyperreality
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:50
Last Modified: 29 Mar 2018 02:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41419

Actions (login required)

View Item View Item