REPRESENTASI NILAI-NILAI KEBUDAYAAN JEPANG DALAM FILM ANIMASI SPIRITED AWAY (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

SARI, NENENG PUTRI MINANG (2018) REPRESENTASI NILAI-NILAI KEBUDAYAAN JEPANG DALAM FILM ANIMASI SPIRITED AWAY (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03. ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
06.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB II)
08.BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB III)
09.BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB IV)
10.BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text (BAB V)
11.BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)

Abstract

Film dan budaya saling mempengaruhi, ada unsur timbal balik diantara keduanya, film mempengaruhi budaya setelah sebelumnya budaya melatarbelakangi dibuatnya sebuah film. Nilai-nilai yang tekandung dalam film yang ditonton ikut mempengaruhi realita kehidupan dimasyarakat. Film digunakan sebagai cerminan untuk mengaca atau untuk melihat bagaimana budaya bekerja atau hidup di dalam suatu masyarakat. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana representasi nilai-nilai budaya yang ada dalam sebuah film animasi Spirited Away peneliti meneliti mengenai bagaimana suatu kebudayaan Jepang dalam film animasi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika milik Charles Sanders Peirce. Hasil penelitian ini membahas mengenai bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam budaya Jepang dan bagaimana kepercayaan mereka yang sangat kental masih berlaku didalam kehidupan mereka. Dengan mengindetifikasi bagaimana kepercayaan dan tradisi mereka dengan kehidupan yang mereka jalani. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Jepang memang sebuah negara yang sangat kental dengan tradisinya. Mereka selalu melakukan suatu acara atau peringatan tahunan agar budayanya bisa terjaga dan bisa terus dilestarikan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 18 119
NIM/NIDN Creators: 44114010049
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.3 Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan > 006.33 Knowledge-Based Systems/Sistem Berbasis Pengetahuan > 006.332 Knowledge Representation/Representasi Pengetahuan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 306 Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi > 306.4 Specific Aspect of Culture/Aspek Spesifik tentang Budaya dan Kebudayaan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.5 Cartoons, Caricatures, Comics Drawings, Comic Books/Teknik Menggambar Kartun, Karikatur, Komik > 741.58 Animated Cartoons/Animasi Kartun
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 23 Mar 2018 03:52
Last Modified: 11 Oct 2018 07:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/41248

Actions (login required)

View Item View Item