DESMAN, DEBY (2018) DESAIN ACTION FIGURE KARAKTER HEWAN KHAS DAERAH BANTEN, DAERAH SUMATERA BARAT, DAN LAMPUNG DALAM POSE SILAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (632kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (918kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. Daftar Gambar.pdf Download (528kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
||
|
Text (BAB II)
9. BAB II.pdf Download (715kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
||
Text (BAB VI)
13. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15.Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan industri perfilman, terutama perfilman Holywood yang menjadi trendsetter, semakin banyak memunculkan tokoh-tokoh fiktif baru. Hal tersebut didukung oleh perkembangan teknologi dalam hal computer graphic dan efek visual. Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang sering dijadikan referensi untuk pembangunan tokoh dan penokohan karakter fiktif, baik hanya bentuk tubuhnya saja hingga ke sifat alami dari hewan tersebut. Fenomena-fenomena seperti pada contoh memberikan tren baru dalam penggambaran cerita fabel pada level yang lebih tinggi, dan juga memberikan peluang untuk memperkenalkan hewan khas dari suatu daerah. Tidak hanya memperkenalkan hewan khas dari suatu daerah, namun perkenalan terhadap suatu budaya tertentu dari sebuah daerah juga mungkin dilakukan. Indonesia sendiri juga memiliki banyak daerah dengan hewan khasnya masing-masing dan juga budaya yang unik dengan segala nilai-nilai keseniannya. Contohnya hewan badak bercula satu khas dari daerah Pulau Jawa bagian barat (Banten), kerbau Sumatera (Padang), dan gajah Sumatera (Lampung). Laporan Tugas Akhir ini akan memuat mengenai perancangan berupa karakter ikonik dari daerah di Indonesia yang terinspirasi pada hewan khas daerah dalam bentuk action figure dengan figur yang berpose seni bela diri khas daerah tersebut untuk memperkenalkan tidak hanya hewan endemik, namun juga kebudayaan khas daerah tersebut. Kata kunci: Hewan Endemik, Silat, Action Figure
Actions (login required)
View Item |