ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN PONDOK JAGUNG TIMUR JALAN RAWA KUTUK SERPONG UTARA TANGERANG

SUDARMAN, SUDARMAN (2018) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN PONDOK JAGUNG TIMUR JALAN RAWA KUTUK SERPONG UTARA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Halaman Judul.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03 Lembar Pernyataan.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04 Lembar Pengesahan.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05 Kata Pengantar.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06 Daftar Isi.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07 Daftar Tabel.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08 Daftar Gambar.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09 Daftar Lampiran.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10 BAB I - Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB II)
11 BAB II - Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
12 BAB III - Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text (BAB IV)
13 BAB IV Hasil dan Analisis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
14 BAB V - Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)

Abstract

Di Indonesia,sarana dan prasarana transportasi telah berkembang terutama pertumbuhan sarana transportasinya (angkutan) yang lebih cepat dibandingkan prasarananya (jalan) sehingga menimbulkan masalah lalu lintas.Untukitudiperlukan manajemen yang baik terhadap sarana dan prasarana transportasi baik kinerja ruas jalan maupun persimpangannya. Simpang Jalan Pondok Jagung Timur dan Jalan Rawa Kutuk Serpong merupakan simpang tiga lengan dan menjadi salah satu sumber kemacetandisebabkan beberapafaktor.Salah satu faktor adalah semakin banyaknya volume kendaraan yang melewati jalan simpang tersebut, apalagi pada saat jam sibuk yang secara drastis tersebut mengakibatkan antrian panjang di persimpangan tersebut, menyebabkan terhambatnya kendaraan-kendaraan lain.Di samping itutidak adanya perhitungan dengan alternatif solusi, pada kondisi ruas di hari Senin didapatkan nilai DS 0,38 (B) pada segmen 1, pada segmen 2 0,62 (C), dan pada segmen 3 0,22 (B), dan pada simpang dihasilkan nilai DS 0,93 (E) dengan peluang antrian 38%-68%, ini diakibatkan karena adanya aturan pelarangan belok kanan pada ruas B menuju ruas D. Kata kunci :Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Peluang antrean dikarenakan banyak kendaraan yang melewati simpang tersebut. Bertambahnya volume s persimpan serta tidak adanya lampu lalu lintas, selain itu juga ketidak disiplinan pengendara trotoaruntukpejalan kaki jugadapat menghambat laju kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang tak bersinyal dan ruas jalan Pondok Jagung Timur – Jalan Rawa Kutuk dan memberikan solusi alternatif pemecahan masalah dengan cara survei data lapangan pada hari kerja dan hari libur dan analisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 yang akan menentukan kinerja ruas seperti arus, kapasitas, kecepatan dan derajat kejenuhan. Dan kinerja simpang seperti volume, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaandan peluang antrian. Dari hasil analisis dan pengolahan data, kinerja ruas pada Jalan Pondok Jagung Timur arah BSD (segmen 1)didapatan nilai Derajat Kejenuhan (DS) 0,38 (B) dan arah Alam Sutera (segmen 2) nilai Derajat Kejenuhan (DS) 0,46 (C) sedangkan arah Graha Raya (segmen 3) nilai Derajat Kejenuhan (DS) 0,32 (C). Dan pada simpang dihasilkan nilai DS tertinggi pada hari senin 1,16 (F) dengan peluang antrian 49%-111%. Melalui perhitungan dengan alternatif solusi, pada kondisi ruas di hari Senin didapatkan nilai DS 0,38 (B) pada segmen 1, pada segmen 2 0,62 (C), dan pada segmen 3 0,22 (B), dan pada simpang dihasilkan nilai DS 0,93 (E) dengan peluang antrian 38%-68%, ini diakibatkan karena adanya aturan pelarangan belok kanan pada ruas B menuju ruas D. Kata kunci :Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Peluang antrean

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 18 050
NIM: 41113110022
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tundaan, Peluang antrean
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.4 City Planning/Tata Kota > 711.41 Plans based on Street Patterns/Rencana berdasarkan Pola Jalan Tata Kota
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Mar 2018 01:14
Last Modified: 28 Sep 2018 04:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40908

Actions (login required)

View Item View Item