APLIKASI SISTEM INFORMASI ALOLA (ANTRIAN, LOGBOOK, LACAK BERKAS) DINAS PMPTSP PEMPROV DKI JAKARTA

WAHAB, MUHAMMAD ABRAR (2018) APLIKASI SISTEM INFORMASI ALOLA (ANTRIAN, LOGBOOK, LACAK BERKAS) DINAS PMPTSP PEMPROV DKI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstraksi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) adalah satuan kerja perangkat daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2013 tentang penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Satuan kerja ini memiliki tugas untuk melayani pengajuan perizinan dan non perizinan dengan sistem yang terintegrasi. Dimana sistem yang memudahkan para pemohon untuk mengurus semua kebutuhannya melalui satu pihak saja tanpa harus datang ke masing-masing dinas terkait. Sesuai Perda Nomor 7 Tahun 2017, BPTSP terjadi perubahan nomenkelatur menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Dinas PMPTSP memiliki beberapa tingkatan service point diantaranya tingkat Provinsi/Dinas, Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan. Pada tingkat Dinas dan Kota/Kabupaten memiliki beban permohonan yang sangat banyak. Proses kerja dari awal masuk berkas melalui antrian hingga penyerahan dokumen ke pemohon belum terorganisir dengan baik, sehingga masih terdapat beberapa kendala dalam proses perizinan. Kendala yang dialami diantaranya berawal dari antrian, dimana pemohon harus mendatangi kantor DPMPTSP pagi hari untuk mendapatkan nomor antrian. Hal lain adalah tidak adanya informasi proses perizinan sehingga pemohon harus berulang mendatangi kantor DPMPTSP untuk menanyakan kelanjutan dari izin yang dimohonkan. Dari sisi petugas, berkas dan proses perizinan sudah dilakukan pencatatan melalui file excel yang di-sharing menggunakan Google Doc. Namun demikian file tersebut memiliki kendala jika jaringan terputus maka perubahan informasi tidak ter-update secara realtime yang menyebabkan informasi yang disampaikan diragukan validitasnya.Berdasarkan permasalahan diatas, dibutuhkan suatu sistem informasi pengelolaan permohonan perizinan yang dapat membantu pemohon dan petugas terkait dalam mengelola proses izin. Metode aplikasi sistem informasi ini menggunakan Object Oriented Analysis Design (OOAD) melalui pendekatan UML dan Bootstrap HTML untuk prototype user interface. Dengan adanya sistem informasi ini, diharapkan akan memudahkan pemohon dan petugas dalam proses pengelolaan proses perizinan. Kata Kunci : Sistem Informasi Antrian, Pengeloaan Izin, Object Oriented Analysis Design (OOAD), DPMPTSP, Proses Perizinan, Realtime

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 18 052
NIM: 41815120148
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Antrian, Pengeloaan Izin, Object Oriented Analysis Design (OOAD), DPMPTSP, Proses Perizinan, Realtime
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 003 Systems/Sistem-sistem > 003.1 System Identification/Identifikasi Sistem
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.4 System Programming and Programs/Sistem Pemrograman dan Program > 005.42 Systems Programming/Sistem Pemrograman
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:44
Last Modified: 01 Oct 2018 02:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/40197

Actions (login required)

View Item View Item