PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE UNTUK MENINGKATKAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA MESIN PENGEMASAN JAR LINE DI PT. YASULOR INDONESIA (Loreal Manufacturing)

Abidin, Zaenal (2017) PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE UNTUK MENINGKATKAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA MESIN PENGEMASAN JAR LINE DI PT. YASULOR INDONESIA (Loreal Manufacturing). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 Cover ZAENAL ABIDIN.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstract ZAENAL ABIDIN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
Bab 1 ZAENAL ABIDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II ZAENAL ABIDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III ZAENAL ABIDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV ZAENAL ABIDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V ZAENAL ABIDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB VI ZAENAL ABIDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka ZAENAL ABIDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam lingkungan bisnis yang serba menantang, serta kondisi dunia yang sangat kompetitif. Maka banyak industri bersaing antar sesama mereka dengan cara memberikan produktifitias yang terbaik. Produktifitas secara umum dapat ditingkatan melalui banyak cara, salah satunya adalah melalui penerapan dan pengembangan program Total Productive Maintenance (TPM). TPM merupakan strategi manufaktur yang sudah mendunia dengan tujuan mencapai zero breakdown / tidak ada breakdown, zero defect / tidak ada cacat produk, dengan keunggulan harga yang kompetitif, untuk mendapatkan keuntungan sebesarbesarnya. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk menentukan dan menganalisa hubungan antara penerapan program TPM dalam kaitannya terhadap perbaikan Overall equipement effectiveness (OEE) lines produksi dengan cara menganalisa kontributor utama dari 6 losses terbesar melalui pendekatan diagram pareto, analisa fishbone dan hubungan sebab akibat. Fishbone dan hubungan sebab akibat digunakan dalam studi ini adalah untuk menganalisa penyebab utama dari permasalahan yang ada dan menentukan apa rencana perbaikan yang akan dilakukan selanjutnya. Perbaikan akan dilakukan segera untuk memperbaiki efektifitas kegiatan sistim perawatan, kondisi mesin, keahlian pekerja dan juga utilisasi dari mesin itu sendiri. 6 losses terbesar yang berpengaruh terhadap kinerja mesin sudah diidentifikasi dan diteliti dalam penelitian ini. Sebelum penerapan program TPM, OEE periode Juli sampai Desember 2016 berkisar 77.6% dan setelah TPM, OEE memberikan hasil positif meningkat menjadi 85.5% dalam 6 bulan, dengan prioritas utama perbaikan terkait dengan penurunan waktu set up dan adjustment serta idling dan minor stop. Diskusi terkait peningkatan OEE dapat dilihat pada bagian akhir dari tesis ini.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-17-061
Call Number: 35/MPO/2017/010
NIM/NIDN Creators: 55112110243
Uncontrolled Keywords: OEE, TPM, Maintenance, Six big losses, Fishbone, MPO, manajemen operasional
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 14 Nov 2017 05:49
Last Modified: 22 Jun 2022 02:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39572

Actions (login required)

View Item View Item