APLIKASI PEMBELAJARAN ISLAMI TENTANG HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

CHOERUNNISA, FITRIA (2017) APLIKASI PEMBELAJARAN ISLAMI TENTANG HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text (BAB VI)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

Aplikasi pembelajaran ini dibuat dengan teknologi Augmented Reality sebagai sarana pembelajaran bagi anak usia dini secara interaktif yang dapat memberikan banyak perspektif kepada user. Selain itu, dengan adanya aplikasi ini dapat memunculkan kembali kebiasaan membaca pada anak sesuai dengan keinginan anak menggunakan gadget yang semakin meningkat. Metode yang digunakan untuk menggunakan aplikasi ini adalah metode pengembangan perangkat lunak muutimedia dengan metode Luther yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu Concept, Desain, Collecting Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution. Software yang digunakan adalah Blender 3D untuk membuat objek 3D-nya dan Unity sebagai software pembuat aplikasi. Hasil pengujian dari penggunaan aplikasi ini, pedeteksian marker sangat baik ketika jarak marker ke kamera yaitu 20 cm – 40 cm dan pada sudut 45o, 60o, 75o, 90o serta dengan intensitas cahaya yang baik. Dengan begitu, aplikasi ini dapat digunakan dengan cukup baik dan dapat dijadikan media belajar yang menyenangkan bagi anak-anak. Kata kunci : Augmented Reality, Sarana Pembelajaran, Blender 3D, Unity, Marker

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41513010020
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Sarana Pembelajaran, Blender 3D, Unity, Marker
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.4 Child Psychology/Psikologi Anak > 155.42 Children in Specific Age Groups/Anak dalam Kelompok Usia Tertentu
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Nov 2017 08:33
Last Modified: 17 Nov 2017 08:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39536

Actions (login required)

View Item View Item