ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) PADA CANTIK CELLULAR

MIDJIL PAMUNGKAS, RIZKY ADITYA (2017) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) PADA CANTIK CELLULAR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka & Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis persediaan, jumlah permintaan dan waktu pengerjaan barang dagang agar memaksimalkan proses pengerjaan barang dagang menjadi lebih efektif dan efisien sehingga barang dagang siap didistribusikan. Pengendalian persediaan bertujuan untuk mengoptimalkan produktivitas perusahaan dengan menghindari terjadinya kelebihan dan kekurangan persediaan. Menentukan jumlah permintaan dan kebutuhan material sesuai dengan kebutuhan dalam waktu yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan pengendalian persediaan. Metode Material Requirement Planning (MRP) adalah suatu metode yang digunakan untuk menghitung dan menentukan bahan-bahan atau komponen-komponen apa saja yang harus atau disediakan perusahaan, terkait dengan berapa jumlah yang dibutuhkan dan kapan waktu dibutuhtuhkannya. Dalam penelitian ini MRP diterapkan pada perusahaan retail yang menjual barang dagang berupa ponsel dengan menghitung jumlah kebutuhan material pendukung berdasarkan data permintaan dan waktu pengerjaan barang dagang. Melalui analisis perhitungan, menunjukan waktu tahapan pengerjaan barang dagang dapat dipercepat sampai dengan dua tahapan dengan menyesuaikan kapan waktu yang tepat untuk material yang akan digunakan. Hasil ini menujukan bahwa metode MRP dapat menentukan total permintaan dengan tahapan waktu minimum.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 17 680
NIM/NIDN Creators: 43113110413
Uncontrolled Keywords: Persediaan, Material Requirement Planning, Retail
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan > 025.34 Cataloging, Classification, Indexing of Special Materials/Pengatalogan, Klasifikasi, Pengindeksan Bahan Tertentu > 025.349 Other Special Materials/Bahan Khusus Lainnya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
400 Language/Bahasa > 400. Language/Bahasa > 406 Organizations and management/Organisasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Alnisa Hardiyanti
Date Deposited: 11 Nov 2017 10:08
Last Modified: 04 Apr 2024 08:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39299

Actions (login required)

View Item View Item