Komunikasi Politik Akbar Tandjung dalam Penyelesaian Masalah Pembubaran Partai Golkar Era Gus Dur Tahun 1999 (Studi Historis)

AMARHORU, SITTI AMINA (2017) Komunikasi Politik Akbar Tandjung dalam Penyelesaian Masalah Pembubaran Partai Golkar Era Gus Dur Tahun 1999 (Studi Historis). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Dalam perjalanan pemerintahan Gus Dur terjadi gesekan antara Gus Dur dan DPR dimana gesekan tersebut semakin hari semakin kuat ditambah munculnya skandal Buloggate dan Brunaigate sehingga DPR meminta pertanggung jawaban Gus Dur yang berakhir keluarnya dua memorandum dari DPR yang pertama meminta pertangung jawaban Gus Dur dan kedua mendesak dilakukannya Sidang Istemewa, pada saat itulah Gus Dur kemudian mengeluarkan Dekrit Presiden dimana point pertama dekrit tersebut adalah pembekuaan DPR/MPR, kedua pengembalian kedaulatan ketangan rakyat, dan ketiga pembekuaan partai golkar. Ketika dekrit tersebut dikeluarkan oleh Gus Dur secara otomatis Akbar Tanjung sebagai ketua umum partai golkar melakuakan perlawanan atas dekrit tersebut, Akbar Tanjung melakukan berbagai komunikasi politik untuk menentang dekrit yang dikeluarkan oleh Gus Dur tersebut, dan Akbar Tanjung menjadikan problematika yang terjadi saat itu sebagai wahana bagi partai Golkar untuk tetap survive dan eksis dikancah politik Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, pengumpulan data dengan menggunakan data primer hasil wawancara dan data sekunder melalui bedah dokumentasi dan kepustakaan. Pengelolaan data melalui analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: Pertama Komunikasi Politik Akbar Tandjung dalam menyelesaikan masalah pembubaran partai Golkar yang di Era Gus Dur atas dektrit Presiden. Kedua, peran Akbar Tandjung mampu menyelamatkan Partai Golkar dari ancaman Dektrit Presiden dan mengantarkan partai Golkar sampai pada masa ke emasan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-033
Call Number: 52/PCOM/2017/016
NIM/NIDN Creators: 55213120021
Uncontrolled Keywords: Political Communication, KOMPOL
Subjects: ?? 324 ??
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 10 Oct 2017 08:16
Last Modified: 21 Jun 2022 03:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/39018

Actions (login required)

View Item View Item