PERBAIKAN PROSES BISNIS PENAGIHAN PIUTANG PADA FINANCE POSTPAID DEPARTMENT PT. SMARTFREN TELECOM, TBK

AISYAH, SITI (2016) PERBAIKAN PROSES BISNIS PENAGIHAN PIUTANG PADA FINANCE POSTPAID DEPARTMENT PT. SMARTFREN TELECOM, TBK. S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRACT.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi proses bisnis penagihan piutang di Finance Postpaid Department PT. Smartfren Telecom, Tbk. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah pada proses billing yang belum efektif. Lamanya proses billing sampai dengan proses pengiriman invoice memerlukan waktu sampai dengan 12 hari kerja yang mengakibatkan pelanggan terlambat menerima invoice dan juga berdampak pada proses pembayaran di internal pelanggan. Pemborosan (waste) yang ada pada proses billing akan meningkatkan waktu tunggu dan umur piutang, periode penagihan rata-rata piutang masih terlalu lama yaitu 48 hari. Metode penelitian yang digunakan adalah tahapan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve dan Control). Alat yang digunakan yaitu root cause analys. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor utama yang mempengaruhi proses billing dan perlu dilakukan perbaikan atas permasalahan penyebab tersebut adalah faktor Process dan faktor People. Setelah dilakukan perbaikan menunjukan hasil yang signifikan didapatkan waktu yang dibutuhkan untuk proses generate billing yang semula 12 hari kerja, dapat diturunkan menjadi 8 hari kerja, sehingga terjadi pengurangan waktu menajdi 4 hari kerja

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/MPO/2016/012
Call Number: 35/MPO/2016/012
NIM: 55113120110
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Piutang Usaha, DMAIC, Business Process, Accounts Receivable, DMAIC
Subjects: ?? 650 ??
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:40
Last Modified: 13 Oct 2017 01:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38988

Actions (login required)

View Item View Item