ANALISIS BEBAN PENDINGINAN SISTEM HEAT VENTILATION DAN AIR CONDITIONING (HVAC) DI AREA PRODUKSI PT.NOK INDONESIA

GALUH, LUTFI (2017) ANALISIS BEBAN PENDINGINAN SISTEM HEAT VENTILATION DAN AIR CONDITIONING (HVAC) DI AREA PRODUKSI PT.NOK INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Suhu nyaman termal untuk orang Indonesia berada pada rentang suhu 25°C ±1°C dengan kelembaban 70%. Langkah yang paling mudah untuk mengakomodasi kenyamanan tersebut adalah dengan melakukan pengkondisian secara mekanis (sistem HVAC) di dalam bangunan. Produktifitas kerja manusia cenderung menurun atau rendah pada kondisi udara yang tidak nyaman seperti halnya terlalu dingin atau terlalu panas. Tugas Akhir ini bertujuan untuk meningkatkan performa pendinginan dengan melakukan analisis beban pendinginan aktual pada sistem HVAC di area produksi PT. NOK Indonesia yang nantinya akan dilakukan perbaikan pada komponen HVAC yang rusak. Berdasarkan hasil perhitungan dari data pengukuran, beban pendinginan ruangan maksimum di area produksi adalah 459,662 kW, sedangkan kapasitas pendinginan terpasang untuk 4 unit AHU adalah 788 kW, artinya tuntutan beban pendinginan sudah terpenuhi. Namun, untuk kondisi aktual performa unit AHU kurang dari spesifikasi. Maka dari itu dilakukan perbaikan pada unit AHU dengan melakukan penggatian komponen cooling coil. Hasil perbaikan menunjukan performa unit AHU meningkat dengan rata-rata air velocity 8,41 m/s dan temperatur 16,8 °C. Kata kunci: Heat Ventilation and Air Conditioning, Air Handling Unit, Cooling Coil, Kenyamanan Termal, Beban Pendinginan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 17 141
NIM/NIDN Creators: 41315120017
Uncontrolled Keywords: Suhu nyaman termal untuk orang Indonesia berada pada rentang suhu 25°C ±1°C dengan kelembaban 70%. Langkah yang paling mudah untuk mengakomodasi kenyamanan tersebut adalah dengan melakukan pengkondisian secara mekanis (sistem HVAC) di dalam bangunan. Produktifitas kerja manusia cenderung menurun atau rendah pada kondisi udara yang tidak nyaman seperti halnya terlalu dingin atau terlalu panas. Tugas Akhir ini bertujuan untuk meningkatkan performa pendinginan dengan melakukan analisis beban pendinginan aktual pada sistem HVAC di area produksi PT. NOK Indonesia yang nantinya akan dilakukan perbaikan pada komponen HVAC yang rusak. Berdasarkan hasil perhitungan dari data pengukuran, beban pendinginan ruangan maksimum di area produksi adalah 459,662 kW, sedangkan kapasitas pendinginan terpasang untuk 4 unit AHU adalah 788 kW, artinya tuntutan beban pendinginan sudah terpenuhi. Namun, untuk kondisi aktual performa unit AHU kurang dari spesifikasi. Maka dari itu dilakukan perbaikan pada unit AHU dengan melakukan penggatian komponen cooling coil. Hasil perbaikan menunjukan performa unit AHU meningkat dengan rata-rata air velocity 8,41 m/s dan temperatur 16,8 °C. Kata kunci: Heat Ventilation and Air Conditioning, Air Handling Unit, Cooling Coil, Kenyamanan Termal, Beban Pendinginan.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1-620.9 Standard Subdivisions of Engineering and Applied Operations/Subdivisi Standar Dari Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 620.1 Engineering Mechanics/Mekanika Teknik
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:11
Last Modified: 20 Dec 2023 06:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38889

Actions (login required)

View Item View Item