ANALISIS PENGARUH RASIO-RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA BANK UMUM DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA BANK UMUM KONVENSIONAL PERIODE TAHUN 2009 - 2015)

IRAWAN, IWAN (2017) ANALISIS PENGARUH RASIO-RASIO KEUANGAN TERHADAP KINERJA BANK UMUM DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA BANK UMUM KONVENSIONAL PERIODE TAHUN 2009 - 2015). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab I - Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II - Deskripsi Obyek Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III - Kajian Pustaka dan Kerangka Pemikiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV - Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V - Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB VI)
Bab VI - Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan bukti empiris pengaruh rasio keuangan Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap kinerja bank yang diukur dengan rasio Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE). Obyek penelitian adalah seluruh bank umum konvensional yang tersedia data laporan keuangannya di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam kurun waktu penelitian yaitu Juni 2009 sampai dengan Desember 2015. Teknik pengambilan sampling adalah sampling jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Jumlah sampel adalah 106 bank. Penelitian ini juga dikelompokan berdasarkan struktur kepemilikan yaitu: 4 Bank Persero, 32 Bank Umum Swasta Nasional Devisa, 23 Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa, 26 Bank Pembangunan Daerah, 11 Bank Campuran dan 10 Bank Asing. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Data Panel. Penentuan Model Common Effect (CE), Fixed Effect (FE) atau Random Effect (RE) menggunakan Chow Test, Hausman Test dan Langrangge Multiplier Test. Karena menggunakan Data Panel maka uji asumsi klasik yang digunakan hanya uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Dari hasil uji F didapat nilai F hitung atau Prob.(F-statistic) sebesar 0.0000 untuk ROA dan ROE. Hal ini berarti nilai F hitung kurang dari 0.05 yang menunjukan bahwa variabel CAR, LDR, NPL, BOPO dan NIM secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap ROA dan ROE. Berdasarkan uji t disimpulkan bahwa CAR, LDR dan BOPO secara parsial berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA, NPL tidak berpengaruh terhadap ROA dan NIM berpengaruh signifikan positif terhadap ROA. Variabel CAR, LDR, NPL dan BOPO secara parsial berpengaruh signifikan negatif terhadap ROE dan NIM berpengaruh signifikan positif terhadap ROE. Hasil penelitian yang berbeda diperoleh pada saat data dikelompokkan berdasarkan struktur kepemilikan bank.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT/MKU/2017/006
Call Number: 35/MKU/2017/006
NIM/NIDN Creators: 55112120196
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), BOPO, Net Interest Margin (NIM), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Common Effect (CE), Fixed Effect (FE), Random Effect (RE), Chow Test, Hausman Test, Langrangge Multiplier Test.
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 07 Sep 2017 06:08
Last Modified: 07 Sep 2017 06:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38679

Actions (login required)

View Item View Item