Faktor2 Pertimbangan Lulusan SMA, Orang Tua, Dan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Di Cilegon

Faozin, Ali (2010) Faktor2 Pertimbangan Lulusan SMA, Orang Tua, Dan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Di Cilegon. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover dan Daftar Isi.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (Daftar Pustaka & Lampiran)
Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pertimbangan lulusan SMA, Orangtua, dan Mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi di Cilegon. Dengan mengambil sampel 90 responden yang meliputi kelompok SMA, Orangtua, dan Mahasiswa di wilayah Kota Cilegon. Dari jumlah 35 faktor (variabel) tersebut dioperasionalkan dengan metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik quota sample. Scoring atas jawaban-jawaban responden menggunakan skala Likert. Sedangkan analisis data menggunakan Friedman Two Way Anova (Analisa Varian Dua Jalan Friedman) digunakan untuk menguji hipotesa komparatif ’k’ sampel yang berpasangan (related). Untuk mengetahui hasil penelitian maka penulis menggunakan Analisa Statistik Non-Parametrik yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows Dengan teknik tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut; Masing- masing kelompok yang di teliti yaitu; lulusan SMA, orangtua, dan mahasiswa memandang bahwa faktor-faktor unggulan yang dimiliki perguruan tinggi di Cilegon memiliki tingkat kepentingan berbeda baik oleh anggota masing-masing kelompok yang diteliti (SMA, OT, dan MHS) maupun oleh ketiga kelompok secara bersama-sama. Ketiga kelompok yang diteliti menganggap faktor ‘Produk Kolektif PT’ yang meliputi fasilitas fisik PT, pengakuan kompetensi dan kualitas PT oleh lembaga berwenang, program, bahan dan waktu kuliah merupakan faktor yang paling berpengaruh. ‘Lokasi dan Akses’, ‘Biaya dan Skema Pembayaran’ memiliki tingkat kepentingan yang berbeda bagi ketiga kelompok, serta faktor ‘Citra yang didapatkan dari promosi yang dilakukan’ dan ‘Kultural Sosial-Budaya/non-pemasaran’ (‘lainnya’) memiliki tingkat kepentingan terendah. Seharusnya perguruan tinggi membangun/ memperbaiki/ memelihara dan meningkatkan ‘produk kolektif’ yang dimilikinya karena faktor inilah yang dianggap paling penting oleh pasar. Dengan adanya fokus pada faktor ini maka akan menjadikan perguruan tinggi semakin menarik bagi para pelanggannya.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-10-076
Call Number: TM/10/294
NIM/NIDN Creators: 55106020019
Uncontrolled Keywords: Faktor2 Pertimbangan Lulusan, MPS, Manajemen Pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Mar 2011 11:31
Last Modified: 13 Jul 2022 06:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/38242

Actions (login required)

View Item View Item