PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA MINING UNTUK MEMPEROLEH ASSOCIATION RULE ANTAR ITEMSET BERDASARKAN PERIODE PENJUALAN DALAM SATU TRANSAKSI

HODIJAH, ADE (2010) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA MINING UNTUK MEMPEROLEH ASSOCIATION RULE ANTAR ITEMSET BERDASARKAN PERIODE PENJUALAN DALAM SATU TRANSAKSI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan menuntut seorang pengambil keputusan untuk melihat peluang-peluang yang dapat meningkatkan penjualan di perusahaannya. Salah satu unsur penting pendukung pengambilan keputusan adalah ketersediaan data transaksi dalam jumlah besar sebagai sumber informasi untuk analisis kecenderungan pola pembelian belanja konsumen. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi analisis association untuk mengekstraksi dan menginterpretasi pola kecenderungan produk-produk yang sering dibeli bersamaan pada periode penjualan tertentu dari data transaksi menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori ini akan membentuk frequent itemset sebanyak yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua parameter, support dan confidence, untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Proses yang dilakukan diawali dengan persiapan data melalui preprocessing data kemudian ditransformasi ke dalam bentuk yang dapat diolah pada proses selanjutnya yaitu join dan prune hingga pembentukan association rules. Dari hasil pengujian, aplikasi yang dibangun mampu melakukan penerapan algoritma apriori dengan terbentuknya pola-pola frequent itemset dari data transaksi sebagai bahan analisis pola pembelian belanja konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 241
Call Number: SIK/15/10/231
NIM/NIDN Creators: 41508120033
Uncontrolled Keywords: ALGORITMA
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Nov 2010 10:20
Last Modified: 22 Nov 2025 09:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37907

Actions (login required)

View Item View Item