HODIJAH, ADE (2010) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA MINING UNTUK MEMPEROLEH ASSOCIATION RULE ANTAR ITEMSET BERDASARKAN PERIODE PENJUALAN DALAM SATU TRANSAKSI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
||
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
||
|
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
||
|
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
||
|
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
Abstract
Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan menuntut seorang pengambil keputusan untuk melihat peluang-peluang yang dapat meningkatkan penjualan di perusahaannya. Salah satu unsur penting pendukung pengambilan keputusan adalah ketersediaan data transaksi dalam jumlah besar sebagai sumber informasi untuk analisis kecenderungan pola pembelian belanja konsumen. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan aplikasi analisis association untuk mengekstraksi dan menginterpretasi pola kecenderungan produk-produk yang sering dibeli bersamaan pada periode penjualan tertentu dari data transaksi menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori ini akan membentuk frequent itemset sebanyak yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua parameter, support dan confidence, untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Proses yang dilakukan diawali dengan persiapan data melalui preprocessing data kemudian ditransformasi ke dalam bentuk yang dapat diolah pada proses selanjutnya yaitu join dan prune hingga pembentukan association rules. Dari hasil pengujian, aplikasi yang dibangun mampu melakukan penerapan algoritma apriori dengan terbentuknya pola-pola frequent itemset dari data transaksi sebagai bahan analisis pola pembelian belanja konsumen.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number CD: | FIK/INFO. 10 241 |
| Call Number: | SIK/15/10/231 |
| NIM/NIDN Creators: | 41508120033 |
| Uncontrolled Keywords: | ALGORITMA |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 11 Nov 2010 10:20 |
| Last Modified: | 22 Nov 2025 09:00 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
