SAPUTRA, ARI KRISNA EKA (2011) ANALISA SISTEM ANTRIAN PADA BAGIAN KASIR DI PERUM PEGADAIAN CPP. PADEMANGAN KANWIL JAKARTA 2. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text (BAB VI)
8. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
Abstract
Sistem Antrian merupakan suatu himpunan pelanggan, pelayan (server) serta suatu aturan yang mengatur kedatangan pelanggan dan pemrosesan masalah pelayanan antrian. Perum Pegadaian merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa gadai sangat mengutamakan kepuasan nasabah, mengingat kondisi persaingan yang mulai dihadapi oleh perum pegadaian, dengan mulai banyaknya jasa gadai swasta dan instansi BUMN lain yang mulai menjalankan bisnis gadai syariah. Khususnya Perum Pegadaian CPP.Pademangan saat ini menunjukkan sering terjadi antrian yang cukup panjang di bagian kasir, sehingga perlu di lakukan analisis sistem antrian. Dari hasil penelitian selama bulan April-Mei 2011, bahwa sistem antrian Di Perum pegadaian CPP.Pademangan menerapkan sistem antrian tunggal “Single channel Single phase”. Hasil Analisa sistem antrinnya sbb : Pola kedatangan nasabah, λ April 2011 = 18 Orang/jam ; λ Mei 2011 = 23 Orang/jam. Pola Pelayanan nasabah, μ April 2001 = 20 orang/jam dengan waktu pelayanan 3.218 menit/Orang dan μ Mei 2001 = 25 orang/jam dengan waktu pelayanan 2.556 menit/Orang . Utilitas dan Probabilitas sistem pada kasir, ρ April 2011 = 91.9 % dengan Po = 0.08 dan ρ Mei 2011 = 92.3 % dengan Po = 0.076 sehingga bisa dikatakan kasir hampir bekerja penuh. Panjang rata-rata nasabah mengantri dan jumlah nasabah yang diharapkan dalam sistem selama bulan April Lq = 12 orang/jam ; Ls = 13 orang/jam sedangkan Bulan Mei 2011 Lq = 13 orang/jam ; Ls = 14 Orang/jam. Untuk waktu tunggu rata-rata nasabah dalam antrian dan sistem selama bulan April 2011 Wq = 39.37 Menit/orang ; Ws = 42.50 Menit/orang sedangkan bulan Mei 2011 wq = 33.09 Menit/Orang ; Ws = 35.60 Menit/orang. Waktu menunggu tersebut dirasa cukup lama, jauh dari harapan nasabah, bisa dikatakan jumlah kasir kurang optimal. Dari hasil analisis perhitungan jika menggunakan 2 kasir (server) didapatkan hasil panjang dan waktu antrian yang relatif lebih rendah/pendek yaitu bulan April 2011 Lq = 8 orang/jam; Ls = 10 orang/jam; Wq = 26,6 Menit/orang; Ws = 33.3 Menit/orang. Sedangkan bulan Mei 2011 Lq = 7 orang/jam; Ls = 9 orang/jam; Wq = 18.2 Menit/orang; Ws = 23.4 menit/Orang.
Actions (login required)
View Item |