BUDIMAN, BUDIMAN (2012) KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL BAGI MASYARAKAT KELURAHAN KEMANGGISAN KECAMATAN PALMERAH JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
TUGAS AKHIR BUDIMAN 4420401-063.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
Abstract
Public Relations Kominfomas memahami perannya sebagai mediator informasi dengan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang program yang akan dilakukan oleh Pemerintah. Oleh karena itu penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni bagaimanakah sosialisasi program KTP Elektronik Suku Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Bagi masyarakat Kelurahan Kemanggisan Kecamatan Palmerah Jakarta Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sosialisasi program KTP Elektronik Suku Dinas kependudukan Dan Catatan Sipil Jakarta Barat. Kerangka penelitian dari penelitian ini adalah pengertian komunikasi, serta teori mengenai Public Relations yaitu beberapa definisi PR, Ruang Lingkup PR, Fungsi PR. Selain itu, juga terdapat pengertian Publik, pengertian sosialisas dan, media humas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada enam tahap perencanaan kerja PR menurut Frank Jefkins yang terdiri dari, 1. Pengenalan situasi, 2. Penetapan tujuan, 3. Penetapan khalayak, 4. Pemilihan media dan teknik Public Relations, 5. Perencanaan anggaran dan 6. Pengukuran hasil. Aktivitas Public Relations Kominfomas menggunakan media massa baik cetak maupun elektronik sebagai perantara untuk mengkomunikasikan mengenai kegiatan yang diadakan kepada khalayak. Melakukan riset yang berhubungan dengan masyarakat, menyediakan narasumber yang kompeten, rapat koordinasi internal dan membahas kendala, solusi dan evaluasi kinerja. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Public Relations Kominfomas telah menerapkan tahapan proses perencanaan kerja PR. Aktivitas Public Relations Kominfomas dalam mensosialisasikan program KTP Elektronik dapat disimpulkan telah berhasil. Saran peneliti adalah sosialisasi yang dilakukan oleh Public Relations Kominfomas, Sudin Dukcapil Jakarta Barat beserta yang lainnya mampu memberikan edukasi, pemahaman dan informasi kepada masyarakat sehingga hasil yang diharapkan oleh pemerintah untuk 100% E-KTP mampu terealisasi dengan baik dan kegiatan tersebut harus dilakukan evaluasi dan pemantauan secara berkala untuk mengukur kinerja dan juga dalam pemberian peralatan teknis secara serempak agar dalam proses pelaksanaannya lebih cepat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/Pr. 12 007 |
Call Number: | SK/42/12/007 |
NIM/NIDN Creators: | 4420401063 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 08 Mar 2012 15:21 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 07:49 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |