Strategi kreatif iklan mie instan indomie goreng kriuk versi Divallatte di televisi

S, I Wayan Wahyu (2008) Strategi kreatif iklan mie instan indomie goreng kriuk versi Divallatte di televisi. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Trend promosi periklanan di televisi sekarang ini mempunyai konsep kreatif yang bermacam-macam karena memiliki tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan kampanye komunikasi pemasaran dari masing-masing produk. Dari uraian yang telah penulis paparkan pada latar belakang masalah, maka penulis merumuskan masalah yang akan di teliti yakni : bagaimana strategi kreatif pembuatan iklan Mie instant Indomie Goreng kriuk versi ”divallatte” yang ditayangkan di televisi. Penulis memilih iklan Indomie Goreng kriuk versi ”Divallatte” untuk diteliti, karena iklan tersebut kreatif, terdapat unsur humoris dalam iklan tersebut, serta iklan tersebut mudah dimengerti oleh khalayak. Penelitian ini diarahkan pada tujuan untuk mengetahui strategi kreatif yang dilakukan Matari Advertising selaku biro iklan yang membuat iklan ini guna menjadikan Indomie Goreng sebagai market leader dikelasnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacu pada teori Sandra Moriarty, dimana pelaksanaan strategi kreatif dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian. kegiatan periklanan mengandung unsur penyewaan ruang atau waktu dari suatu mdia massa karena ruang dan waktu memang dipergunakan oleh pengiklan untuk penyebaran informasi. Penyebaran informasi melalui media itulah yang membawa sifat iklan yang non-personal atau tidak bertatap muka. Sifat penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif, metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu data yang tebentuk berupa uraian kata-kata atau lampiran untuk dikumpulkan dan kemudian dilakukan analisa secara deskriptif. Pendekatan kreatif yang dilakukan Matari Adv selaku biro iklan yang menangani iklan tersebut, lebih kepada pendekatan rasional atau Rational/informational appeals (daya tarik rasional), karena dalam proses pembuatan iklan tersebut, matari adv lebih mengedepankan iklan yang mudah dimengerti oleh khalayak banyak. Hasil dari penelitian yang didapat menunjukkan bahwa strategi kreatif iklan mie instant Indomie Goreng Kriuk versi “Divallatte” di televisi adalah ingin memberikan nuansa baru pada produk Indomie, yaitu dengan nuansa humoris dan modern pada eksekusi iklannya, serta dalam meningkatkan penjualan produk Indomie Goreng Kriuk versi “Divallatte”.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 017
Call Number: SK/08/043 WAh s
NIM/NIDN Creators: 04301-052
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KREATIF
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Apr 2008 11:42
Last Modified: 06 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37557

Actions (login required)

View Item View Item