Strategi redaksi antv dalam menyikapi pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran pada penayangan topik petang periode 13-27 november 2006

Pardede, Sri Kartini Karolina (2007) Strategi redaksi antv dalam menyikapi pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran pada penayangan topik petang periode 13-27 november 2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)

Abstract

ABSTRAKSI Setiap harinya masyarakat membutuhkan berita untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai peristiwa maupun situasi terkini yang dapat memengaruhi kehidupan mereka. Jika kita cermati, keseharian program siaran televisi di negara ini praktis tak ada hari tanpa pemberitaan. Saat ini, ANTV mengandalkan Topik Petang untuk salah satu pemberitaannya. Topik Petang menjadi andalan karena Topik Petanglah program pemberitaan yang paling lengkap dari semua program berita lainnya di ANTV. Topik Petang menjadi rangkuman dari berita-berita yang terjadi dari pagi hingga sore hari. Berita Topik Petang adalah berita yang lebih cepat, lebih dalam, dan lebih lengkap dengan mengikuti Prinsip Jurnalistik yang terdapat pada “Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh ANTV dalam penayangan Topik Petang agar siarannya tetap mengikuti mengikuti Prinsip Jurnalistik (Akurat, Adil, dan Berimbang) yang terdapat pada “Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran.” Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menjelaskan fenomena melalui pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi atau pengamatan langsung ke objek penelitian, serta studi pustaka dan dokumen-dokumen terkait lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam setiap tahap proses produksi siaran Topik Petang, semua yang terlibat di dalamnya tetap mengikuti Standard Operation Procedur pada setiap bagian. ANTV dalam penayangan Topik Petang mempunyai strategi umum dan strategi khusus untuk menyikapi Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran. Strategi umum adalah dengan menjabarkan berita yang aktual, lengkap, dan mendalam, sedangkan Strategi Khusus adalah dengan pemberitaan yang akurat, adil, dan berimbang. Topik Petang merupakan program andalan dari pemberitaan ANTV. Oleh karena itu, redaksi Topik Petang ANTV tetap pada prinsipnya dalam penyajian berita, yaitu tidak mengejar Rating melainkan image. Selain itu, redaksi Topik Petang tetap mematuhi Kode Etik Jurnalistik serta Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 018
Call Number: SK/07/216 KAR s
NIM/NIDN Creators: 0410311-024
Uncontrolled Keywords: STRATEGI REDAKSI
Divisions: ?? 041 ??
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Apr 2008 13:40
Last Modified: 06 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37540

Actions (login required)

View Item View Item