Pengaruh perubahan nama & logo siloam graha medika hospital terhadap loyalitas pelanggan

Febrianti, Cahyaning (2007) Pengaruh perubahan nama & logo siloam graha medika hospital terhadap loyalitas pelanggan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)

Abstract

ABSTRAK Perubahan nama dan logo Siloam Graha Medika Hospital yang dilakukan oleh pihak manejemen dari PT Siloam Hospital HealthCare Tbk., semata-mata hanyalah untuk penyeragaman dalam hal nama dan logo serta sebagai standarisasi bersama. Untuk kepentingan dalam mengeluarkan suatu kebijakan mengenai perubahan nama dan logo. Sedangkan penelitian yang berjudul pengaruh perubahan nama dan logo Siloam Graha Medika Hospital terhadap loyalitas pelanggan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perubahan ini mempengaruhi pelanggan dalam kunjungannya ke rumah sakit, baik untuk berobat rawat jalan, ataupun hanya untuk sekedar mengantar keluarga, teman atau klinenya berobat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan nama dan logo yang terjadi di Siloam Hospital West Jakarta terhadap loyalitas pelanggan. Dengan kerangka teori yakni komunikasi, teori komunikasi,pengertian humas, tugas humas, fungsi humas, tujuan humas, kegiatan humas, definisi pelanggan, pengertian loyalitas, pengertian corporate identity, teori hipotesis. Corporate identity adalah suatu visual dan ekspresi dari identitas suatu perusahaan. Sebagai bentuk visual, corporate identity menapilkan image yang hendak ditampilkan. Dan juga bertujuan agar nantinya pelanggan dapat mudah dimengingat. Sedangkan loyalitas itu sendiri merupakan kesetiaan terhadap sesuuatu, baik terhadap perusahaan serta terhadap sebuah merek. Loyalitas dapat terjadi bila pelanggan merasa senang dan puas, hal ini dapat dilihat dari sejauh mana mereka akan tetap memakai sebuah produk/pelanggan akan terus kembali lagi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatif kuantitatif dengan pendekatan survey. Yaitu pengambilan data yang dilakukan dengan proses wawancara kepada informan serta pengisian kuesioner oleh para responden dalam hal ini pelanggan/pasien rawat jalan. Dengan jumlah populasi di Siloam Hospital West Jakarta pada di tahun 2006 mencapai222.216 pelanggan dari jumlah pasien tiap bulannya kurang lebih 15.876- 21547 pelanggan untuk rawat jalannya, minimal pasien yang sudah 1 tahun atau lebih dari satu tahun. Sedangkan sempel responden yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh yang sangat besar dari perubahan nama dan logo yang terjadi pada rumah sakit Siloam Graha Medika Hospital. Menjadi Siloam Hospital West Jakarta, Ini terbukti tingkat kunjungan pasien atau pelanggan setelah rumah sakit ini berubah nama tidak mengalami penurunan yang besar. Karena hampir semua pelanggan saat ini sudah mengetahui bahwa Siloam Graha Medika Hospital telah menjadi Siloam Hospital West Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 011
Call Number: SK/07/181 FEB p
NIM/NIDN Creators: 4420411-076
Uncontrolled Keywords: PELANGGAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 08 Apr 2008 11:34
Last Modified: 06 Jul 2017 03:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37535

Actions (login required)

View Item View Item