Dadari, Keni (2007) Efektivitas in house magazine energise sebagai media informasi bagi karyawan PT Medco Energi Internasional. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Komunikasi internal sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi, mengingat suatu organisasi terdiri dari sejumlah individu makhluk hidup yang dinamis, dapat berubah-ubah pemikiran, tingkah laku maupun perbuatan. Komunikasi yang baik bukan hanya memperlancar, melainkan menggerakan organisasi. Diperlukan suatu strategi komunikasi oleh seorang humas untuk mengaplikasikannya. Untuk mencapai sasaran dari komunikasi internal tersebut dibutuhkanlah suatu media. Salah satunya yang digunakan oleh PT Medco Energi Internasional adalah in house magazine �Energise�. In house magazine merupakan media non komersial secara profesional dan serius yang mempunyai fungsi-fungsi: Sebagai media penghubung, media untuk ajang berkomunikasi khusus antar karyawan, sebagai sarana media pelatihan dan pendidikan dalam bidang tulis menulis bagi karyawan juga mempunyai nilai tambah bagi perusahaan. In house magazine merupakan private publications atau diterbitkan untuk kalangan sendiri dan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas in house magazine �Energise� sebagai media informasi bagi karyawan PT Medco Energi Internasional. Kerangka konsep yang digunakan terdiri dari pengertian komunikasi, efek dan fektifitas komunikasi, pengertian komunikasi organisasi, pengertian serta peran public relations dan media informasi internal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh jumlah populasi yaitu 126 orang (total sampling) untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai sejauh mana efektifitas in house magazine Energise. Setelah mendapatkan data berdasarkan penyebaran kuesioner dengan semua karyawan yang menjadi nara sumber diketahui bahwa Efektifitas In house magazine Energise per triwulan adalah terpaan media frekuensi rata-rata peserta untuk melihat 5-10 kali 40%, membaca 1-3 kali 68%, tidak pernah mengikuti quiz 78%, tidak pernah mengirimkan tulisan dan foto untuk dimuat 80% dan yang mendapat informasi pertama kali 40%. Untuk tingkat pengetahuan 32.8%, ketertarikan 31.4%, pemahaman 37.25%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 07 049 |
Call Number: | SK/07/155 DAD e |
NIM/NIDN Creators: | 44205110037 |
Uncontrolled Keywords: | MEDIA |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Apr 2008 14:18 |
Last Modified: | 06 Jul 2017 03:20 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37528 |
Actions (login required)
View Item |