RAHARTI, RIDHA (2007) STRATEGI PUBLIC RELATIONS HOTEL CIPUTRA JAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA SEBAGAI "THE MOST CONVENIENCE HOTEL IN JAKARTA" (PERIODE 1 JANUARI - 31 DESEMBER 2006). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
SKRIPSI AKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
Abstract
Strategi Public Relations adalah merupakan suatu perencanaan dan manajemen dari PR untuk mencapai tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan atau organisasi dengan menggunakan taktik atau cara untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi PR Hotel Ciputra Jakarta dalam membangun citra sebagai “The Most Convenience Hotel in Jakarta” (Periode 1 Januari – 31 Desember 2006) adalah karena banyaknya hotel-hotel pesaing HCJ yang sama-sama menawarkan kenyamanan, memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik mereka. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan PR dalam membangun citra. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep komunikasi dalam organisasi, Public Relations, strategi PR, serta citra. Fokus penelitian yang digunakan mengacu pada konsep manajemen PR Cutlip & Center, yaitu: pengumpulan data (fact finding), perencanaan (planning), komunikasi (communication), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yaitu mencari data dengan melakukan wawancara kepada narasumber (key informan) objek penelitian, dan dengan menambahkan data sekunder yang bersumber dari studi kepustakaan ataupun dokumentasi (kliping) yang ada di objek penelitian sebagai penguat data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PR HCJ belum membuat HCJ sebagai “The Most Convenience Hotel in Jakarta” (Periode 1 Januari – 31 Desember 2006), karena masih banyaknya hotel-hotel pesaing HCJ yang juga menawarkan fasilitas dan kenyamanan seperti HCJ. Namun sebagai salah satu hotel ternyaman di Jakarta, HCJ telah cukup berhasil dan sesuai dengan visi dan misi HCJ. Di akhir penelitian terdapat kesimpulan dan saran yang didapat dari penelitian ini. Data pendukung lain diletakkan sebagai lampiran untuk menambah kejelasan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 07 075 |
Call Number: | SK/07/098 RAH s |
NIM/NIDN Creators: | 04202-074 |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PUBLIC RELATION |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 08 Jan 2008 09:36 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:54 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37359 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |