Evaluasi penerapan ISO 9001 terhadap produktivitas dan kualitas kerja serta usulan prosedur prosses produksi di PT NHK gasket Indonesia

waluyo, Bambang (2007) Evaluasi penerapan ISO 9001 terhadap produktivitas dan kualitas kerja serta usulan prosedur prosses produksi di PT NHK gasket Indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Setiap perusahaan atau organisasi berusaha menjaga keberlangsungan, peningkatan dan pengembangan usahanya. Persaingan ketat yang terjadi saat ini menyebabkan perusahaan harus memilih strategi tertentu untuk bersaing dipasar, baik pasar domestik maupun pasar internasional. Salah satu strategi yang berfokus pada jaminan mutu adalah standar ISO 9001. Standar ini mensyaratkan suatu organisasi mendokumentasikan system mutu dengan cara tertentu, sehingga manajemen dan karyawan dapat mengerti, menerima dan memakainya. Pedoman perusahaan untuk mencapai sasarannya dimasa mendatang adalah visi dan misinya. Visi adalah pedoman jangka panjang, sedangkan misi menyangkut ruang lingkup kegiatan bisnis yang dijalankan perusahaan. Usaha perusahaan mencapai cita-cita tersebut merupakan kinerja perusahaan. Dengan demikian salah satu indikator keunggulan perusahaan dapat dilihat dari kinerjanya. Kondisi ini menyebabkan strategi yang diterapkan perusahaan seyogyanya dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil dari penerapan ISO 9001 terhadap peningkatan kinerja organisasi. Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. NHK Gasket Indonesia yang telah menerapkan ISO 9001 untuk produk gasket sejak tahun 2006. Hasilnya menunjukkan kinerja organisasi yang dibentuk dari indicator proses production process yang terdiri dari sub indikator perbaikan waktu produksi dan kesesuaian terhadap spesifikasi produk. Setelah penerapan ISO 9001 hasilnya belum menunjukkan adanya peningkatan pada sub indikator perbaikan waktu produksi dengan menilai output permenit yang dihasilkannya. Sedangkan pada sub indikator kesesuaian terhadap spesifikasi produk tidak menunjukkan adanya peningkatan, untuk produk reject justru lebih besar ditemukan setelah penerapan ISO 9001. Dengan demikian penerapan ISO 9001 pada PT. NHK Gasket Indonesia untuk produk gasket dikatakan belum bisa meningkatkan kinerja perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 07 091
Call Number: STI/07/171 WAL e
NIM/NIDN Creators: 4130412-036
Uncontrolled Keywords: EVALUASI PENERAPAN ISO 9001
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Dec 2007 14:58
Last Modified: 06 Jul 2017 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37339

Actions (login required)

View Item View Item