STRATEGI PUBLIKASI METODE KUMON PT. KIE INDONESIA

DAYU, FAUZIAH (2007) STRATEGI PUBLIKASI METODE KUMON PT. KIE INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERSETUJUAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN, DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (BAB I S/D BAB V)
03. BAB I- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Publikasi merupakan tugas seorang public relations (PR) dalam menceritakan atau menyampaikan informasi sebanyak mungkin mengenai kegiatan perusahaan kepada masyarakat luas, dengan kata lain publikasi merupakan bagian terbesar dan terpenting atau ujung tombak dari pada PR. Penelitian ini akan membahas mengenai strategi publikasi Metode KUMON di DKI Jakarta. Tujuan penelitian yang hendak dicapai dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui strategi publikasi metode KUMON PT. KIE (KUMON Institute of Education) Indonesia di DKI Jakarta periode tahun 2005 hingga tahun 2006. Kerangka Pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Empat langkah Manajemen Public Relations menurut Scott M. Cutlip dalam perencanaan strateginya dan Enam tahap kegiatan Public Relations menurut Frank Jefkins dalam pelaksanaan strateginya sementara jenis publikasinya menurut Imam Slamet yang membagi jenis publikasi menjadi pure publicity, paid publicity, free ride publicity dan tie-in publicity. Metode penelitian yang dipakai oleh penulis adalah metode penelitian yang bersifat studi kasus, Data primer diperoleh dengan cara langsung dari narasumber melalui dengan wawancara yang mendalam (In Depth Interview), untuk melengkapi data penelitian, maka peneliti mendapatkan data sekunder diantaranya dengan observasi dan studi kepustakaan, yang selanjutnya seluruh data tersebut di -crosscheck dengan teknik triangulasi dan dideskripsikan secara kualitatif. Strategi yang dilakukan PT. KIE Indonesia dalam mempublikasikan metode KUMON adalah pertama yaitu menginformasikan metode KUMON dengan menggunakan media massa cetak baik yang berskala nasional maupun lokal dan yang kedua adalah cara publikasinya dengan menggunakan paid publicity yang berupa advertorial dan seremonial. Tentunya strategi dari publikasi tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan media komunikasi, informasi dan promosi untuk membangun Brand KUMON agar sebanyak mungkin anak Indonesia belajar dari KUMON dan mendapat manfaat dari KUMON. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. KIE indonesia menggunakan paid publicity pada seluruh publikasinya selama tahun 2005 dan 2006.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 065
Call Number: SK/07/087 DAY s
NIM/NIDN Creators: 0420311-018
Uncontrolled Keywords: METODE KUMON
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Dec 2007 14:03
Last Modified: 06 Mar 2025 02:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37319

Actions (login required)

View Item View Item