Disain DIES Forging dengan metode pres unutuk pembuatan flange companion mobil jenis TUV (transport utility vehicle) menggunaka software unigraphics

satyawan, Trianto (2007) Disain DIES Forging dengan metode pres unutuk pembuatan flange companion mobil jenis TUV (transport utility vehicle) menggunaka software unigraphics. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tugas Akhir ini membahas tentang “Disain Dies Forging dengan Metode Press untuk Pembuatan Flange Companion Mobil Jenis TUV (Transport Utility Vehicle) menggunakan Software Unigraphics”. Penggunaan fasilitas software Unigraphics ini akan dapat mempermudah proses disain benda kerja, yang kemudian dapat ditransfer langsung menuju mesin-mesin CNC tanpa harus membuat perintah lain untuk mengoperasikannya. Proses pembuatan Flange Companion ini adalah forging dengan metode press forging. Penggunaan metode ini hanya diperlukan ukuran raw material yang tepat, yang dapat dihitung dengan teliti sehingga benda yang dihasilkan bisa langsung masuk toleransi dari benda jadi. Pembuatan dies forging untuk flange companion mobil jenis TUV dengan ukuran standar rata-rata ini diperlukan mesin press dengan kapasitas 1000 ton dengan ukuran dies atas diameter 200,4 mm tebal 67 mm dan dies bawah diameter 200,4 mm tebal 115 mm. Efisiensi material pasa proses forging ini sebesar 73,91%.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 07 133
Call Number: STI/07/148 SAT d
NIM/NIDN Creators: 0130212046
Uncontrolled Keywords: DISAIN DIES FORGING
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Dec 2007 15:17
Last Modified: 06 Jul 2017 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37307

Actions (login required)

View Item View Item