Strategi produksi program kupas tuntas dalam upaya meningkatkan rating dan share di trans 7 (Periode September 2006-April 2007)

A.D, Vicky Mochammad Furqon A (2007) Strategi produksi program kupas tuntas dalam upaya meningkatkan rating dan share di trans 7 (Periode September 2006-April 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

ABSTRAK Persaingan televisi yang semakin ketat menuntut setiap televisi untuk menyajikan program yang terbaik. Bergabungnya Trans|7 dengan PT. Trans Corpora berimplikasi pada kemunculan kembali program news talk show bertajuk Kupas Tuntas yang sudah tidak ditayangkan lagi di Trans TV karena perolehan rating dan share yang kian menurun. Program ini diproduksi dan ditayangkan kembali di Trans|7 karena dinilai masih berpotensi untuk meraih penonton Trans|7. Selama periode September 2006 – April 2007, program ini mengalami beberapa kali perubahan terhadap kemasan program yang menandakan upaya program ini dalam meningkatkan rating dan share di Trans|7. Berdasarkan alasan tersebut penulis ingin mengetahui lebih jauh mengenai strategi produksi program Kupas Tuntas dalam upaya meningkatkan rating dan share di Trans|7. Konsep dan teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori komunikasi massa seperti yang dikemukakan oleh Tan dan Wright bahwa komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh (terpencar), sangat heterogen, dan menimbulkan efek tertentu. Serta Gerbner yang menyatakan komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara secara mendalam (indepth interview) dengan beberapa narasumber yang terkait langsung dengan program Kupas Tuntas Trans|7, diantaranya Produser Eksekutif, Produser, Reporter, Juru Kamera, Host, dan Video Editor. Hasil penelitian memberikan gambaran strategi produksi yang dipakai oleh tim program Kupas Tuntas dalam upaya meningkatkan rating dan share di Trans|7. Pada tahap pra produksi tim melakukan penyesuaian jam tayang, format, tema, rundown serta on air look sesuai dengan karakter penonton. Pada tahap produksi tim berupaya menghadirkan narasumber utama, konflik dalam perbincangan, serta package yang menarik. Pada tahap pasca produksi tim menyempurnakan program agar lebih dapat dinikmati oleh pemirsa.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 07 006
Call Number: SK/07/053 MOH s
NIM: 4410412-002
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PRODUKSI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Nov 2007 14:57
Last Modified: 06 Jul 2017 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37276

Actions (login required)

View Item View Item