STRATEGI COMMUNITY DEVELOPMENT PT MODERNLAND REALTY TBK. DALAM MEMBENTUK CITRA

WIDAYATI, SERAFIN RITA (2007) STRATEGI COMMUNITY DEVELOPMENT PT MODERNLAND REALTY TBK. DALAM MEMBENTUK CITRA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
SKRISPI SERAFIN RITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan strategi program community development yang dilakukan oleh PT Modernland Realty Tbk. dalam membentuk citra perusahaan. Penelitian menggunakan kerangka pemikiran yang dibangun dari konsep komunikasi. Selanjutnya mengulas Public Relations dan strategi manajemen PR yang terdiri dari fact finding, planning, communicating dan evaluation untuk melaksanaan salah satu tugas PR yaitu program community development.. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Tujuan digunakan pendekatan kualitatif deskriptif adalah untuk mengetahui fenomena yang terjadi dan memberikan penjelasan atas peristiwa pada objek penelitian. Pendekatan ini tidak menjelaskan hubungan atau pengaruh suatu kejadian terhadap kejadian yang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode ini berusaha mendapatkan sebanyak mungkin data dengan menggunakan beberapa cara pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan 2 cara yaitu sebagai data primer dilakukan wawancara mendalam (indept interview) atas beberapa key informan, baik terhadap pihak internal perusahaan maupun perwakilan komunitas, sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui studi kepustakaan terhadap pelaksanaan program comdev. Data tersebut dianalisa dengan menggunakan triangulasi, yaitu memeriksa keabsahan data primer dengan data pendukung sebagai pembanding. Fokus penelitian dilakukan terhadap 4 tahap strategi manajemen PR dan tujuan dari pelaksanaan program comdev yaitu pembentukan citra perusahaan yang positif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang dilakukan, peneliti melihat bahwa PT MLR sudah melaksanakan 6 program comdev dengan menerapkan 4 tahap strategi manajemen PR. Program tersebut merupakan perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap keberadaan komunitas. Program comdev digunakan PT MLR sebagai salah satu strategi pembentuk citra positif perusahaan. Citra perusahaan yang berlandaskan pada persepsi yang terbentuk dari nilai – nilai kepercayaan komunitas terhadap perusahaan dan realisasi program perusahaan terhadap peningkatan kualitas hidup komunitas, akan membentuk opini dan citra yang memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Dengan perencanaan yang terpadu, program komunikasi yang tepat dan strategi yang sejalan dengan businness plan perusahaan, merupakan landasan bagi keberhasilan program comdev dan pencapaian tujuan yaitu pencitraan yang positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 072
Call Number: SK/07/030 RIT s
NIM/NIDN Creators: 4420411-044
Uncontrolled Keywords: STRATEGI COMMUNITY
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Oct 2007 13:42
Last Modified: 05 Mar 2025 08:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/37248

Actions (login required)

View Item View Item