Studi tentang proses pengerasan baja s-45 c (Aisi 1045) buatan Jepang sebagai bahan dasar gear rantai dengan menggunakan alat flame hardering buatan sendiri

Rachman, Desta Abdul (2007) Studi tentang proses pengerasan baja s-45 c (Aisi 1045) buatan Jepang sebagai bahan dasar gear rantai dengan menggunakan alat flame hardering buatan sendiri. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Industri manufaktur yang kurang kompetitif menyebabkan ketergantungan pada komponen-komponen import, sehingga diperlukan pemberdayaan industri kecil diantaranya dengan pemberian alat multi purpose flame hardening untuk pengerasan gear rantai. Akan tetapi alat yang dibuat tersebut harus diteliti kinerjanya dan ditentukan variabel pengoperasiannya sehingga nantinya akan dihasilkan gear rantai yang memiliki spesifikasi yang baik dipasaran. Penelitian ditujukan untuk meneliti tiga variabel suhu dalam pengerasan dibagian permukaan yaitu pada suhu 684 0C, 726 0C, dan 845 0C. Baja yang dipilih sebagai sampel pengujian adalah baja S 45 C (AISI 1045) buatan Jepang yang merupakan jenis baja yang banyak digunakan pada pembuatan gear rantai, sehingga diharapkan pada alat flame hardening yang dibuat dapat digunakan untuk berbagai variasi produk gear rantai. Sampel pengujian yang digunakan menggunakan gear rantai blank, sedangkan untuk media quenching menggunakan air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel perbedaan suhu sampel uji, nilai kekerasan permukaan rata-rata dan nilai ketahanan aus sampel uji meningkat setelah di heat treatment dari sampel uji sebelum mendapat heat treatment.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 07 048
Call Number: STI/05/087 RAC s
NIM/NIDN Creators: 01300-039
Uncontrolled Keywords: PENGERASAN BAJA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Apr 2006 14:33
Last Modified: 06 Jul 2017 03:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/36246

Actions (login required)

View Item View Item