PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOOD DI BEI PERIODE 2011 - 2014

ROSDIANA, FADILLAH (2017) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER GOOD DI BEI PERIODE 2011 - 2014. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)

Abstract

Hal yang melatarbelakangi permasalahaan bahwa kebijakan hutang yang diproksi melalui DAR pada perusahaan manufaktur sektor consumer good mengalami perubahan yang cukup signifikan selama periode 2011 hingga 2014. penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan hutang di dalam perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling yaitu metode pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sampel yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini sebanyaa 16 perusahaan consumer good di BEI pada periode 2011 - 2014. analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen baik secara bersama-sama maupun secara individu yang didahului oleh uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedaktisitas, uji multikolinearitas dan autokorelasi. Pengujian hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil analisis data atau hasil regresi menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang. Sedangkan variabel pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap kebijaan hutang. Besarnya koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah 0.634. hal ini berarti bahwa 63.4% variabel independen yaitu kebijakan hutang dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen. Sedangkan sisanya sebesar 36.6% kebijakan hutang dijelaskan oleh variabel atau sebab-sebab lain diluar permodelan.Debt policy through DAR in manufacturing firms especially consumer good sector in each manufacturing industry experienced significant changes over the period 2011 to 2014. this research was conducted to examine the effect of profitability, liquidity, sales growth and firm size on company’s debt policy. The objectiveof research was to know magnitude of profitability, liquidity, sales growth, and firm size on debt companies listed on Indonesian Stock Exchange. Sampling methode used in this study was a purposive sampling method, which was based on certain criteria. Samples that match with the criteria of this research were 16 manufacturing companies on Indonesian Stock Exchange in the period 2011 - 2014. The analysis usedwas multiple regressions, to see whether the independent variables influence the dependent variable jointly or individually, preceded by assumption of clasical test for normality, heterscedaticitytest, test of multicollinearityand autocorrelation. Hyphothesis testing was using F test and t test. The result of the data analysis or the regression indicate that the simultaneous profitability, liquidity, sales growth and firm size affect debt policy. Patrially variables that significantly influence the lending policies are profitability, liquidity and firm size. While sales growth variable did not significant influence the company’sdebt policy. The magnitude of the coefficient of determination (Adjusted R Square) was equal to 0.634. This means that the variable was 63.4% of debt policy can be explained by four independent variables, whilethe remaining 36,6% was explained by the variable of debt policy or the other reason outside the model.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 17 062
NIM/NIDN Creators: 43213120126
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan
Subjects: 200 Religion/Agama > 290 Other Religions/Agama Selain Kristen > 297 Agama Islam/Islam > 297.4 Islamic law/Hukum Islam > 297.43 Muamalat/Muamalat > 297.437 Treaty, Debts and receivables, Pawn/Perjanjian, Hutang-piutang, Gadai
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Mar 2017 15:35
Last Modified: 21 Mar 2024 01:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/33263

Actions (login required)

View Item View Item