ANALISIS DESAIN ROKET DAN DAYA JELAJAHNYA BERDASARKAN KRITERIA UK YOUTH ROCKETRY CHALLENGE 2017

NOWANGSYA, PRIKA (2017) ANALISIS DESAIN ROKET DAN DAYA JELAJAHNYA BERDASARKAN KRITERIA UK YOUTH ROCKETRY CHALLENGE 2017. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Hal Cover.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)

Abstract

Roket bukanlah sesuatu yang umum di Indonesia, pengembangan dan penelitian roket hanya dilakukan oleh lembaga penelitian peroketan khusus dari pemerintah dan perguruan tinggi yang mempelajari tentang dirgantara dan peroketan. Selain kurangnya minat dari insinyur muda di Indonesia, bahan bakar roket juga susah untuk didapatkan serta membutuhkan ijin khusus dari kepolisian, hal ini dikarenakan bahan bakar roket adalah zat kimia yang mudah terbakar dan meledak serta ditambah lagi masalah terorisme yang kerap terjadi di Indonesia. Di Amerika Serikat dan Eropa, perancangan dan perlombaan roket telah menjadi acara tahunan. Perlombaan yang dikenal dengan UK Youth Rocketry Challenge 2017 ini adalah sebuah perlombaan yang diadakan di Inggris dan dikelola oleh sebuah organisasi yang bernama ADS. Perlombaan ini tidak hanya untuk warga negara Inggris saja, namun juga Prancis, Jepang dan Amerika Serikat juga mengambil bagian. Perancangan dan analisa ini dilakukan untuk membuktikan bahwa anak muda di Indonesia juga mampu untuk mengikuti perlombaan tersebut. Metode perancangan ini akan mengikuti standar dan aturan yang sudah ditetapkan oleh ADS serta akan dilakukan simulasi dan analisa dengan menggunakan perangkat lunak OpenRocket untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. Peneliti hanya melakukan perancangan dan analisa, tidak membuat purwarupa dikarenakan keterbatan waktu dan biaya. Hasil dari perancangan dan analisa roket ini memenuhi persyaratan untuk mengikuti perlombaan roket di Inggris dan dapat dibuatkan purwarupanya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 17 004
NIM/NIDN Creators: 41312110003
Uncontrolled Keywords: ADS, OpenRocket, Purwarupa, Roket
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 18 Feb 2017 15:15
Last Modified: 27 Mar 2024 08:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/32840

Actions (login required)

View Item View Item