Strategi media relations united states agency for internasional development-enviromental services program (USAID-ESP) dalam mengkomunikasikan program air minum di DKI Jakarta dan jawa barat

Rahayuningsih, (2006) Strategi media relations united states agency for internasional development-enviromental services program (USAID-ESP) dalam mengkomunikasikan program air minum di DKI Jakarta dan jawa barat. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (129kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Informasi dan memberi pemahaman tentang kebutuhan manusia akan air terutama air minum sehat merupakan program lembaga United States Agency for International Development – Environmental Services Program (USAID-ESP). Lembaga non komersial ini melakukan berbagai kegiatan untuk mempromosikan kesehatan yang lebih baik melalui peningkatan pengelolaan air, serta memperluas akses terhadap air bersih dan sanitasi. Upaya yang dilakukan dalam memberi pemahaman akan air minum sehat, USAID-ESP melakukan berbagai kampanye dengan selalu melibatkan media massa, yang digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pesan kepada khalayak sasaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi media relations yang digunakan USAID-ESP dalam membangun hubungan dengan media untuk mengkomunikasikan program air minum sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan taktik kegiatan serta evaluasi yang digunakan USAID-ESP dalam membangun hubungan dengan media massa dalam mengkomunikasikan program air minum sehat. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep dari Yosal Iriantara yang fokus pada media relations yang bertujuan membangun hubungan baik dengan media massa dalam mengkomunikasikan program organisasi. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan metode penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam terhadap key informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi media relations yang digunakan oleh communication officer USAID-ESP selama ini diawali dengan pengumpulan fakta dan informasi untuk dikaji dijadikan data untuk menyusun perencanaan secara cermat. Dalam perencanaan disusun tahapan-tahapan yang akan dilakukan seperti menentukan tema isu, khalayak sasaran, tujuan, media yang akan digunakan, yang disesuaikan dengan target yang hendak dicapai dan yang tidak kalah penting dalam perencanaan ini sudah ditentukan indikator yang akan digunakan pada evaluasi. Kemudian dilanjutkan dengan implementasi; tahapan ini merupakan tindakan nyata dari perencanaan yang sudah disusun sebelumnya agar hasilnya tidak melenceng. Tahapan monitoring juga dilakukan pada saat implementasi sebagai sarana evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan. Dalam tahap evaluasi dalam konteks media relations, communcicaiton officer di USAID-ESP menggunakan indikator dari banyaknya jumlah liputan media massa yang mengusung isu tentang air. Strategi media relations yang sudah dilaksanakan hasilnya cukup signifikan dalam membantu organisasi memberi pemahaman tentang air minum sehat kepada masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari kliping media cetak dan liputan media televisi yang memberitakan tentang isu air terutama air minum sehat

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 157
Call Number: SK/06/132 RAH s
NIM: 4420412-007
Uncontrolled Keywords: STRATEGI MEDIA RELATIONS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 May 2007 12:55
Last Modified: 07 Jun 2017 03:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31700

Actions (login required)

View Item View Item