IMPLEMENTASI DAN PERFORMANSI TEKNOLOGI HSDPA (HIGH SPEED DOWNLINK PACKET ACCESS ) PADA SISTEM WIDEBAND CODE DIVISON MULTIPLE ACCESS

Anggoro, Apryadi Wahyu (2007) IMPLEMENTASI DAN PERFORMANSI TEKNOLOGI HSDPA (HIGH SPEED DOWNLINK PACKET ACCESS ) PADA SISTEM WIDEBAND CODE DIVISON MULTIPLE ACCESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)

Abstract

Sistem komunikasi bergerak saat ini mengalami pertumbuhan sangat pesat terutama sejak diperkenalkannya generasi kedua sistem digital. Pelayanan sistem komunikasi bergerak telah berkembang dari suara menjadi internet akses dan pelayanan multimedia. Sistem komunikasi generasi ke-2 telah berkembang untuk memenuhi akses nirkabel untuk aplikasi internet tetapi tidak kompatible untuk akses global dan teknologi sistem radio juga mempunyai kecepatan akses data yang terbatas. Faktor diatas membuat munculnya konsep generasi ke-3 dalam sistem komunikasi bergerak, yaitu UMTS dengan teknologi WCDMA. Teknologi ini menghasilkan industri telekomunikasi, komputer dan media bersatu. Jaringan UMTS akan menyediakan pelayanan suara dan internet basis melalui jaringan yang sama dengan kecepatan data 384 kbps sampai dengan 2 Mbps. Untuk mendukung kecepatan data yang tinggi, kapasitas yang besar, aplikasi multimedia dan dapat melakukan video streaming pada teknologi WCDMA, dibutuhkan suatu bandwith yang besar. Dengan teknologi HSDPA kebutuhan akan bandwith yang lebih besar dapat terpenuhi. High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah suatu sistem transmisi yang membawa suatu kanal transport baru dengan metode modulasi yang baru dan meningkatkan efesiensi spektrum. Dengan adanya HSDPA memperbaiki kapasitas dan menambah kecepatan perpindahan data maksimum sampai dengan 14Mbps. Pada tugas akhir ini akan dijelaskan mengenai Teknologi HSDPA - WCDMA dan kelebihan yang diperoleh dalam penggunaan teknologi HSDPA - WCDMA dengan cara menunjukan performansinya berdasarkan throughput dan delay. Analisa ini dilakukan berdasarkan data-data yang diambil di suatu lokasi BTS sehingga akan terlihat bahwa teknologi HSDPA memang memiliki kelebihan dalam kapasitas perpindahan data dibandingkan dengan teknologi WCDMA biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 07 022
NIM/NIDN Creators: 0140311-111
Uncontrolled Keywords: PERFORMANSI TEKNOLOGI HSDPA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 May 2009 14:58
Last Modified: 05 Jun 2017 03:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31041

Actions (login required)

View Item View Item