PERENCANAAN SISTEM JARINGAN UMTS (UNIVERSAL MOBILE TELECOMMUNICATION SYSTEM) BERDASARKAN PERHITUNGAN TRAFIK DAN KAPASITAS PELANGGAN

PRASETYO, HINDIARTO (2007) PERENCANAAN SISTEM JARINGAN UMTS (UNIVERSAL MOBILE TELECOMMUNICATION SYSTEM) BERDASARKAN PERHITUNGAN TRAFIK DAN KAPASITAS PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi selular akhir-akhir ini dipicu oleh tuntutan akan efisiensi spectrum yang semakin tinggi, kapasitas yang semakin besar, serta kemampuan untuk memberikan layanan suara dan data dengan data rate yang lebih tinggi dan yang paling diinginkan oleh pelanggan akhir-akhir ini adalah pelayanan dibidang multi media. UMTS merupakan jawaban atas semua tuntutan dari pelanggan, Karena UMTS merupakan sistem komunikasi generasi ke-3, yang mampu menyediakan layanan tambahan dari sistem yang telah ada sebelumnya dalam bentuk transmisi data kecepatan tinggi (2 Mbps) dan multimedia. Selain itu, juga untuk menciptakan akses tanpa batas ke layanan komunikasi bergerak pita lebar yang berlaku diseluruh dunia dengan standar yang sama. Pada Tugas akhir ini akan dibahas mengenai proses perencanaan jaringan UMTS diwilayah Bandung dengan melakukan pengembangan jaringan generasi ke-2 (GSM). Hal ini dapat dilakukan karena UMTS merupakan sistem komunikasi bergerak yang kompatibel dengan jaringan GSM yang berarti bahwa UMTS merupakan Value added service dari GSM yaitu dengan menggunakan GSM fasa 2+ sebagai jaringan utama. Pada perencanaan jaringan UMTS yang merupakan jaringan GSM phasa 2+ sebagai jaringan intinya ada dua buah elemen jaringan yang ditambahkan pada UTRAN yakni RNC dan Node B. Perencanaan jaringan UMTS ini terutama akan difokuskan pada perencanaan radio core network-nya, yaitu salah satu bagian yang bertanggung jawab atas hubungan mobile station dengan base transceiver station. Pada perencanaan jaringan UMTS ini, langkah-langkah yang dipakai dalam proses perencanaan meliputi perencanaan jumlah site, radius site, serta lokasi site yang optimal berdasarkan kemampuan BTS, coverage area, topologi daerah dan pola penyebaran penduduk. Selanjutnya akan dilakukan analisa kinerja hasil perencanaan yang meliputi jumlah site, link budget serta alokasi letak site. Sehingga diperoleh suatu jaringan selular UMTS yang handal dengan kapasitas optimal dan mampu memberikan berbagai jenis layanan, baik suara, data maupun multimedia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 07 006
NIM/NIDN Creators: 0140312-130
Uncontrolled Keywords: SISTEM JARINGAN UMTS
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 May 2009 09:59
Last Modified: 05 Jun 2017 03:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31033

Actions (login required)

View Item View Item