Hirnawan, Yohan Adwioko (2007) Pengaruh Putaran Mesin Terhadap Nilai COP (Coefficient Of Performance) AC Mobil. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh perubahan putaran mesin pada kecepatan putaran 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm dan 3000 rpm, terhadap nilai COP (Coefficient of Performance) atau nilai unjuk kerja dari AC mobil. Benda uji yang digunakan motor bensin 4 langkah merk Toyota tahun keluaran 2003. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimental kualintatif. Eksperimen dilakukan dengan merubah kecepatan putaran mesin pada kecepatan putaran putaran 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm dan 3000 rpm. Setiap perlakuan dilakukan replikasi sebanyak lima kali, sehingga akan diperoleh 25 sample. Uji persyaratan analis data dilakukan dua tahap, yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Untuk uji normalitas Lilliefors dan untuk Uji Homogenitas menggunakan Uji Homogenitas Bartlet. Analis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) satu jalan, kemudian dilanjutkan dengan Uji komparasi antar kolom dengan Uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Perubahan putaran mesin pada kecepatan 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm dan 3000 rpm berpengaruh terhadap nilai Coefficient Of Performance (COP) atau nilai unjuk kerja pada AC mobil. (2) Nilai Coefficient Of Performance (COP) atau nilai unjuk kerja dari AC mobil akan optimal pada kecepatan putaran mesin 2000 rpm, ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan rata-rata pada kecepatan 2000 rpm.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/MSN. 07 073 |
NIM/NIDN Creators: | 0130212-068 |
Uncontrolled Keywords: | PUTARAN MESIN |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 May 2009 10:51 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 02:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/31028 |
Actions (login required)
View Item |