Hafiz, Adri (2007) Rancang bangun model palang pintu perlintasan kereta api otomatis satu perlintasan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Untuk memaksimalkan potensi yang ada dan mengejar ketertinggalan yang ada maka penulis berinisiatif untuk membuat model alat ini yang bertujuan mempermudah dan memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengguna. Model alat palang pintu perlintasan kereta api adalah penelitian awal yang pada dasarnya merupakan rancang bangun dari alat palang pintu perlintasan kereta api yang dimaksud meliputi perancangan struktur. Sebelum merancang sistem sesunggahnya, penulis membuat model dengan skala 1 : 100 Dengan perhitungan gaya-gaya statis akan ditentukan gaya tumpuan, momen yang terjadi juga jenis beban utama. Dengan perbandingan kekakuan bentuk penampang profil, menggunakan momen inersia penampang, dipilih profil yang paling cocok dengan 3 kandidat diseleksi properti dan sifat terhadap situasi dan kondisi. Dari hasil perhitungan untuk tumpuan dengan materal St 37 dengan bentuk profil I dari tegangan tekuk 207 MPa dengan angka keamanan 58,98 maka material tersebut dapat digunakan sebagai palang pintu perlintasan kereta api tersebut. Sedangkan untuk material paduan Aluminium 17ST dengan profil sama maka tegangan tekuknya 198,26 MPa dan angka keamanannya 56,48
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/MSN. 07 100 |
Call Number: | STI/07/351 HAF r |
NIM/NIDN Creators: | 01301-118 |
Uncontrolled Keywords: | PALANG PINTU KA |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 30 Apr 2008 14:26 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 02:13 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30950 |
Actions (login required)
View Item |