Efek tayangan empat mata di trans 7 terhadap siswa-siswi SMU 33 Jakarta

Schultz, Willy Andry (2007) Efek tayangan empat mata di trans 7 terhadap siswa-siswi SMU 33 Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Universitas Mercu Buana Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Periklanan Willy Andry Schultz (04102-052) EFEK TAYANGAN EMPAT MATA DI TRANS7 TERHADAP SISWA-SISWI SMU 33 JAKARTA ( 74 halaman; 32 tabel + 44 lampiran) Bibliografi = 30 acuan ( tahun 1991-2007 ) Bagi sebuah stasiun pertelevisi, program acara merupakan hal terpenting bagi kelangsungan hidupnya. Program Talk Show merupakan salah satu tayangan program sangat diminati masyarakat, Empat Mata adalah program variety talk show yang paling diminati. Empat Mata mencoba memberi sentuhan lain, yaitu mengeksplorasi perbincangan menjadi sebuah acara yang tidak harus serius, tetapi ringan dan kental nuansa komedinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu ” Sejauhmana efek tayangan empat mata di Trans7 terhadap siswa-siswi SMU 33 Jakarta”, dan tujuan penelitiannya yaitu ” Untuk mengetahui efek tayangan empat mata di Trans7 terhadap siswa-siswi SMU 33 Jakarta”. Konsep-konsep yang dipakai dalam kerangka pemikiran yaitu; Komunikasi, Karakteristik Komunikasi Massa, Fungsi Komunikasi Massa, Media Massa, Efek Komunikasi Massa, Khalayak, Model Comstock, Televisi, Fungsi Televisi sebagai Media Massa, Format Acara Siaran, Efek Televisi terhadap Khalayak. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu hanya melaporkan situasi atau peristiwa, dan tidak menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Yang mengambil sample dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data, yang dijadikan populasi dalam penelitian ini Siswa-Siswi SMU 33 Jakarta dan mengambil sample dari 3 kelas dan di pilih secara acak dari masing – masing kelas dan menggunakan sample sebanyak 74 siswa/i. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efek kognitif, dan afektif dalam tayangan Empat Mata di Trans 7 terhadap siswa-siswi SMU 33 Jakarta adalah TINGGI. Efek kognitif dengan score 338 jumlah seluruh pertanyaan 1 dari no. 13 sampai dengan 17 menilai tinggi, efek afektif dengan score 312 jumlah seluruh pertanyaan 18, 20, 22, 24, dan 26 menilai tinggi, dan efek konatif dengan score 212 menilai rendah Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebanyak 74 responden atau 100% menyatakan bahwa efek tayangan empat mata di Trans7 terhadap siswa-siswi SMU 33 Jakarta adalah TNGGI, dengan nilai 42-29. Dengan tingginya efek tayangan empat mata di Trans 7 terhadap siswa-siswi SMU 33 Jakarta, maka Trans 7 harus tetap mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas tayangannya. Dan terwujudkan empat mata sebagai variety talk show yang mampu sebagai sumber hiburan, informasi, sosial, dan pendidikan untuk menjaga kebudayaan dan budaya nasional, serta turut memelihara persatuan dan kesatuan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 021
Call Number: SK/08/003 AND e
NIM/NIDN Creators: 04102-052
Uncontrolled Keywords: EFEK TAYANGAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Apr 2008 10:08
Last Modified: 05 Jun 2017 06:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30892

Actions (login required)

View Item View Item