Hubungan isi program training ESQ (Emotional Spiritual Quotient) dengan langkah-langkah comunity relations di PT. Angkasa pura II Bandara Soekarno Hatta Tanggerang Banten

Selfiana, (2007) Hubungan isi program training ESQ (Emotional Spiritual Quotient) dengan langkah-langkah comunity relations di PT. Angkasa pura II Bandara Soekarno Hatta Tanggerang Banten. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAKSI Selfiana (04203-030) Hubungan Isi program Training ESQ (Emotional Spiritual Quotient) dengan Langkah-langkah Community Relations di PT (Persero) Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten Xiv+102 Halaman; 36 Tabel ; 12 Lampiran Bibliografi-Daftar Pustaka = 20 Buku (1969-2007) Kata Kunci : Isi Program Training ESQ dan Langkah-langkah Community Relations Berkembangnya perusahaan bidang transportasi yang harus memiliki pengakuan dari berbagai pihak yang terkait oleh perusahaan. Banyak perusahaan transportasi yang memikirkan keuntungan semata sehingga mengabaikan keselamatan penumpangnya. Kasus seperti ini dapat menimbulkan image negatif dari stakeholder perusahaan itu sendiri. Untuk itu PT (Persero) Angkasa Pura II memiliki program menarik untuk stakeholdernya yang sangat dibutuhkan untuk menjalin ikatan bathin antara perusahaan dengan stakeholdernya khususnya komunitas. Seperti Training ESQ (Emotional Spiritual Quotient), yang merupakan ajang pelatihan eksternal yang bertujuan untuk membentuk persepsi positif dari komunitas yang dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 Januari 2007. Inti dari permasalahan ini adalah apakah isi program Training ESQ ada hubungannya dengan langkah-langkah Community Relations. Karena yang program tersebut dijadikan alat untuk menyatukan persepsi antara komunitas dengan perusahaan, untuk itu dicari tahu apakah ada hubungan antara isi program training ESQ dengan langkah-langkah Community Relations. Penelitian ini menggunakan konsep dari Carl I. Hovland, karena merupakan proses untuk mengubah perilaku seseorang (communications is the process to modify the behavior of other individuals). Syarat utama dalam mengubah sikap, pendapat, atau perilaku seseorang harus dengan menggunakan komunikasi yang benar-benar komunikatif. Penelitian ini bersifat eksplanatif melalui pendekatan kuantitatif yang menjelaskan ada atau tidaknya hubungan isi program Training ESQ ada hubungannya dengan langkah-langkah Community Relations di PT (Persero) Angkasa Pura II. Metode yang digunakan adalah metode survey, dan jumlah populasinya adalah 18 orang dan sampel 18 orang dengan menggunakan Total Sampling (sensus) dimana jumlah populasi sama dengan sampel yang menggunakan teknik analisis statistik Koefisien Korelasi Spearman’s rho (r). Hasil sebesar 0,269 menunjukan hubungan isi program Training ESQ dengan langkah-langkah Community Relations rendah dan tidak memiliki hubungan yang signifikan. Artinya hubungan isi program Training ESQ langkah-langkah Community Relations tidak memiliki hubungan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 012
Call Number: SK/07/262 SEL h
NIM/NIDN Creators: 04203-030
Uncontrolled Keywords: COMMUNITY RELATIONS
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Apr 2008 15:22
Last Modified: 05 Jun 2017 07:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30886

Actions (login required)

View Item View Item