Corporate social responcibility (CSR) trans tv melalui tayangan kejutan kasih (periode januari - desember 2006)

Hartini, (2007) Corporate social responcibility (CSR) trans tv melalui tayangan kejutan kasih (periode januari - desember 2006). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)

Abstract

ABSTRAK CSR merupakan kegiatan terpadu dari setiap kegiatan bisnis yang bisa mendatangkan citra positif serta keuntungan finansial jangka panjang bagi perusahaan. Trans TV sebagai perusahaan bisnis yang sedang berkembang mencoba untuk mewujudkan peran-peran sosialnya kepada masyarakat melalui bentuk tanggung jawab sosial perusahan yang salah satunya diwujudkan dalam kejutan kasih yang merupakan salah satu bentuk langkah pengelolaan CSR Trans TV yang berbentuk pengembalian sosial kepada masyarakat. CSR bertujuan untuk membina hubungan baik dengan seluruh publik perusahaan sekaligus sebagai wadah untuk peningkatan citra, pembentukan reputasi perusahaan dan meraih kepercayaan.. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui bagaimana kegiatan CSR Public Relations Trans TV melalui program kesehatan tayangan Kejutan Kasih. Sedangkan kerangka teori yang digunakan yaitu teori pertanggung jawaban sosial, konsep dan langkah-langkah CSR. Teori tanggung jawab sosial dapat diterapkan secara luas karena ia meliputi beberapa jenis media cetak dan lembaga siaran publik yang dapat dipertanggung jawabkan melalui berbagai bentuk prosedur demokratis pada masyarakat. Profesionalisme didorong oleh teori tanggung jawab sosial yang tidak hanya mencakup penekanan pada standar prestasi yang tinggi tetapi juga pada hakekat ’keseimbangan’ tertentu dan kenetralan yang paling berkembang dalam media siaran Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan para nara sumber. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat diketahui adanya wujud kepedulian dan tanggug jawab Trans TV terhadap lingkungan sekitarnya dan tanah air, program kejutan kasih tidak dilanjutkan kembali tetapi dari penelitian yang penulis lakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa kejutan kasih mempunyai beberapa kelemahan yang salah satunya adalah, tidak adanya laporan yang di up date secara continue dalam bentuk Running teks setiap harinya, dan informasi laporan hanya dilaporkan pada saat dua hari sebelum acara kejutan kasih berlangsung saja. Walaupun demikian Trans TV telah melakukan beberapa kegiatan sosial lainnya yang disalurkan oleh Unit Marketing Public Relations dan Unit Community Development, dan membuat program-program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat guna membangun kemitraan dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat/ khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 07 005
Call Number: SK/07/248 HAR c
NIM/NIDN Creators: 04201-043
Uncontrolled Keywords: CORPORATE SOCIAL
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 10 Apr 2008 13:59
Last Modified: 05 Jun 2017 07:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/30872

Actions (login required)

View Item View Item